Cara Mengganti Audio Dalam Video dengan Videopad

by aries on December 8, 2013

Saat kita membuat sebuah rekaman video dengan menggunakan video shooting amatir, seperti camera handphone, camera digital dan lainnya secara otomatis audionya juga ikut terekam. Atau mungkin kita punya video dari hasil download, padahal dari kedua video itu kamu sebenarnya tidak menginginkan audionya. Trus, bagaimana solusi menghilngkan audio untuk kemudian diganti dengan audio atau suara yang lain?

Cara Mengganti Audio Dalam Video dengan Videopad

Untuk edit atau menghilangkan audio dalam sebuah video, saya menggunakan videopad video editor yang merupakan software edit video sederhana dan paling mudah. Ada dua cara untuk menghilangkan audio dengan videopad, yang pertama me-mute audio, yang kedua menghapus audio. Silahkan pilih salah satu, kemudian dilanjutkan dengan mengganti audio yang baru. Berikut langkha-lngkah secara deatilnya;

  1. Jika belum punya, silakan gogling dan download videopad versi 2.4.1 ya.
  2. Buka videopad lalu klik Add media untuk memasukkan video yang akan dihilangkan audionya.
  3. Di bawah Medialist dan Files pasti terdapat sebuah video yang baru saja kamu masukkan, klik video tersebut, lalu klik tanda panah berwarna hijau seperti terlihat pada gambar di atas.
  4. Dengan demikian, video beserta audionya akan berada di timeline (kotak persegi panjang bawahnya tanda anak panah berwarna hijau tadi)
  5. Selanjutnya adalah menghilangkan audio, ada dua cara sebagaimana telah saya utarakan di atas.
  6. Pertama me-metu audio; klik kanan audionya – kemudian pilih Adjust clip volume. Pada kotak dialog yang ditampilan, checklist Mute clip lalu klik oke.
  7. Kedua menghapus audio; klik kanan audionya – pilih Unlink sound clip, maka secara otomatis audio tersebut akan turun di kotak persegi panjang yang ada di bawahnya. Setelah itu, klik kanan lagi audinya, lali pilih Remove selected audio
  8. Silakan pilih salah satu, cara yang pertama atau cara yang kedua.
  9. Selanjutnya adalah menambahkan audio baru (bisa format mp3, amr, wav dan lainnya) sebagai pengganti dari audio yang sudah dibuang atau di mute tadi.
  10. Drag audio pengganti ke area kotak persegi panjang ‘Drag your sound clip here’.
  11. Langakh terakhir, klik Save movie untuk menyimpan video tersebut dan tunggu prosesnya hingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara mengganti audio dalam video ini, sebaiknya lihat video tutorilnya di atas dengan seksama..

Pasca July 17, 2014 at 10:49 am

thx banget mas broo 😉

alang February 28, 2015 at 5:24 pm

makasih bang,bermanfaat banget ilmunya.semoga berkah!!!!!

nur May 30, 2015 at 9:08 pm

makasih banyak ya infonya^^ membantu sekali~~

eric February 3, 2016 at 9:32 pm

Makasih banget yaa, work out!

Fian February 8, 2016 at 10:47 am

Makasih gan, infonya bermanfaat. Caranya ternyata mudah ya, hanya sayanya yang belum mengerti. 😀

kutalands March 16, 2016 at 5:13 pm

Makasih banget bro…masih dalam tahap belajar nih…..maklum newbie

Comments on this entry are closed.