Cara Mengganti Background Foto Dengan Photoshop

by aries on November 27, 2013

Baru kali ini saya sempat membuat tutorial photoshop setelah sebelumnya berkutat pada editing video, tutorial coreldraw, dan instalasi windows.

Untuk tutorial photoshop ini, saya akan memulai dari hal yang sederhana, yakni cara mengganti background foto yang akan saya bagi menjadi dua bagian, yang pertama mengganti atau merubah background foto menjadi transparan, yang kedua mengganti background foto dengan background lain.

Cara Mengganti Background Foto Dengan Photoshop CS3

Untuk mengganti background foto, kamu bisa menggunakan adobe photoshop 7, atau adobe photoshop CS, CS1, CS2, CS3, CS4 dan seterusnya. Dalam hal ini saya memilih CS3, berikut langkah-langkahnya;

  1. Drag foto yang akan dirubah backgroundnya dalam lembar kerja adobe photoshop.
  2. Pada sidebar bagian kanan, drag background ke bawah tepatnya pada kotak ‘create new layer’ maka akan terdapat layer baru dengan nama ‘background copy’. Buang layer background dengan didrag ke bawah tepatnya pada sebuah ikon seperti tong sampah.
  3. Pilih Zoom tool untuk memperbesar area background yang akan diganti.
  4. Gunakan Polyganol lasso tool untuk menyeleksi background yang nantinya akan dibuang untuk kemudian diganti dengan background baru ataupun background transparan.
  5. Setelah selesai (garis berkelip-kelip itu bertemu dengan titik dimana kamu mulai menyeleksi background tadi) pilih menu Select lalu klik Inverse.
  6. Kemudian menu Edit lalu Cut.
  7. Untuk menjadikannya transparan, pilih menu FileSave as, kemudian pada kotak dialog selanjutnya pilih format PNG lalu klik Save
  8. Pada PNG options, pilihlah Interlaced kemudian klik oke. Dengan demikian background dari foto tersebut sudah menjadi transparan.
  9. Untuk melanjutkan opsi yang kedua, yakni mengganti background foto dengan background lain, drag background lain tersebut (selanjutnya akan saya sebut ‘sunset’) ke area lembar kerja photoshop.
  10. Setelah itu, drag sunset ke area foto yang sudah dibuang backgroundnya kemudian sesuaikan ukurannya dengan layer foto tersebut.
  11. Pada sidebar sebelah kanan, drag ke bawah layer 1 sehingga posisinya bertukaran dengan layer background copy
  12. Atur besar kecilnya foto & posisi foto sehingga terlihat pantas dan menyatu dengan background sunset.
  13. Kurangi pencahayaan foto dengan cara klik menu ImageAdjustmentsBrightness/contrast. Isikan poin Brightness dengan angka -45. Kemudian klik oke
  14. Jadikan kedua objek tersebut dalam satu layer saja, caranya tekan Ctrl + Shift + E.
  15. Supaya foto dengan background sunset terlihat menyatu (terlihat seperti foto asli tanpa editan) pilih FilterRenderLighting Effect
  16. Pada kotak dialog selanjutnya, atur posisi lighting effect tersebut sekira foto terlihat menarik, lalu tekan oke.

Dengan demikian selesai sudah cara mengganti background foto, baik dengan yang transparan atau dengan background lain yang lebih menarik.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang tutorial photoshop ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

Putri January 2, 2015 at 11:44 am

makasih banyak banget ya pak atas tutorialnya
sangat membantu
alhamdulillah saya jadi bisa:D

Comments on this entry are closed.