Cara mengganti password (kata sandi) BBM

by aries on August 13, 2015

Ada sebuah cerita lucu dibalik proses pembuatan artikel tentang cara membuat dual BBM dalam 1 HP Android yang kemarin baru saya posting. Pada tutorial tersebut, dijelaskan bahwa jika kamu ternyata sudah punya akun 2 BBM yang sudah ada sebelumnya, maka kamu tinggal masuk dengan memilih Sign In untuk BBM2. Nah, waktu saya pilih Sign In, saya kaget bukan main karena ternyata akun BBM tersebut sudah dipakai orang dan memiliki puluhan kontak didalamnya. Lho kok bisa??? Usut punya usut, ternyata akun BBM tersebut dulu saya gunakan untuk membuat turorial ‘cara membuat akun BBM baru’, dan apesnya saya lupa tidak menyembunyikan kata sandi alias password yang saya gunakan pada rekaman video tutorialnya. Ya udah deh, kata sandi tersebut terlihat oleh semua orang, dan ada orang iseng yang main pakai saja tanpa permisi dulu.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga privasi alias kerahasiaan dari password BBM kita, agar tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh sembarang orang. Tidak cuma itu saja, kini banyak pengguna pemula Android yang tidak mau repot-repot membuat akun BBM sendiri dan menyerahkan pembuatannya pada counter atau toko HP sehingga langsung terima beres tanpa mengetahui apa kata sandi dan nama akun email dari BBMnya.

Hal ini tentu sangat rawan dan beresiko, karena suatu saat BBM kita terblokir dan tidak bisa masuk, kita tidak tahu apa password dan nama akun email yang kita gunakan apa? Kan tidak lucu kalau kita menanyakannya pada penjaga counter, padahal kita membuatnya sudah sejak 1 tahun yang lalu. Walhasil, semua kontak dan pesan penting didalamnya menjadi hilang. Sayang banget kan? Mungkin kalau hilang masih bisa buat lagi, nah kalau disalahgunakan oleh si pembuat akun BBM gimana coba.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan seperti pada kasus diatas, maka kali ini akan saya ulas tutorial cara mereset atau mengganti password BBM yang sudah terlanjur diketahui oleh publik. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Langusng saja buka situs resminya BlackBerry di http://blck.by/1aA8Met
  2. Pada form yang telah disediakan, masukkan nama pengguna (email yang dulu buat daftar akun BBM). Dan isikan kode verifikasi seperti pada gambar disampingnya. Setelah itu, klik kirim.
  3. Pada kotak dialog selanjutnya, klik OK
  4. Pada jendela Sign-in ke BalckBerry ID, kita biarkan saja dulu. Ini digunakan setelah selesai mengganti kata sandi atau password BBM.
  5. Selanjutnya kita buka email. Pada ‘kotak masuk’ pasti ada pesan dari BlackBerry tentang reset password BBM atau Blackberry ID.
  6. Untuk mengganti password BBM, klik tautan ‘Ganti kata sandi BlackBerry ID Anda’. Lihat gambar diatas.
  7. Pada kotak dialog yang ditampilkan, ganti kata sandi atau password BBM pada form yang disediakan. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi kata sandi lalu klik Kirim
  8. Untuk mempermudah tentang cara reset password BBM, kami sertakan panduan berupa tutorial videonya di bawah ini

Dengan demikian, kamu telah berhasil mengganti kata sandi BBM dengan password baru. Diingat ya..!, kalau perlu dicatat dan jangan sampai diketahui oleh orang lain lagi kaya kejadian yang saya alami. 😀

Comments on this entry are closed.