Cara Menggunakan Fitur ‘Do Not Disturb’ Android Marshmallow

by Ummy Tsabit on February 4, 2016

Pada Android Lollipop, Google telah menambahkan beberapa fitur baru yang mempermudah pengguna untuk membisukan notifikasi-notifikasi yang tidak diinginkan sementara mereka sedang di tempat kerja atau sedang tidur misalnya. Android Marshmalow juga membuat fitur ‘Priority Notification’ dan ‘Downtime’ dari Lollipop, dan memberikan tool pengelola notifikasi ini sebuah payung nama baru : Do Not Disturb. Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan oleh fitur keren baru ini? Simak ulasannya berikut :

Nyalakan fitur Do Not Disturb stiap saat

Android Marshmallow akan membiarkanmu untuk membisukan notifikasi setiap saat hanya dengan sekali tap saja. Caranya, tarik laci notifikasi ke bawah, lalu sapu ke bawah sekali lagi untuk sampai ke tray Quick Setting (atau kamu juga bisa menyapunya ke bawah satu kali dengan dua jari sekaligus). Tap menu Do Not Disturb, lalu pilih jenis peringatan mana yang ingin tetap kamu terima selama fitur Do Not Disturb aktif. Kamu juga bisa memilih untuk terus menerima notifikasi untuk alarm atau notifikasi yang diprioritaskan, atau kamu bisa memilih untuk bisu secara keseluruhan.

Yang terakhir, pilih apakah kamu ingin Do Not Disturb tetap On sampai kamu mematikannya, atau diatur untuk jarak waktu tertentu (secara default ‘untuk satu jam’). Jika kamu memilih yang kedua, maka gunakan tombol + dan – untuk mengatur seberapa lama kamu ingin fitur Do Not Disturb bisa aktif.

Interupsi prioritas

Android Lollipop memperkenalkan konsep baru “notifikasi prioritas”. Notifikasi ini nantinya akan muncul di urutan paling atas layar notifikasi, dan kamu bisa memilih untuk terus menerima peringatan suara atau getar untuk notifikasi ini bahkan ketika kamu sudah membisukan notifikasi yang lain.

Untuk memilih notifikasi mana yang ingin kamu perlakukan sebagai notifikasi prioritas, maka pergilah ke bagian Setting > Apps di ponselmu, lalu pilih ‘Sound &Notification’. Lalu, pilih ‘Do Not Disturb’, lalu pilih ‘Priority Only Allows’. Dari layar ini, kamu bisa memilih untuk membatasi jenis notifikasi yang akan tetap kamu nyalakan peringatannya.Pertama-tama, pilih apakah kamu ingin memberi prioritas untuk notifiasi hanya bagi pengingat (reminder) dan even kalender saja. Selanjutnya, lihat opsi notifikasi prioritas untuk pesan dan panggilan telepon. Atur pilihan prioritasmu dengan mentap “Messages” atau “Call”. Saat kamu sudah melakukannya, aka nada menu pop up muncul dengan empat pilihan, yakni :

  • From anyone : opsi ini akan membiarkan semua notifikasi bisa masuk, tak peduli dari siapa saja yang menghubungimu.
  • From contacts only : notifikasi akan memperingatkanmu untuk pesan atau panggilan dari orang-orang yang terdaftar di aplikasi Kontak untuk mendapatkan prioritas.
  • From starred contacts only : Pengaturan ini memberikan prioritas untuk notifikasi yang berhubungan hanya untuk mereka yang ditandai sebagai favorit dalam aplikasi Kontak. Untuk menandai seseorang sebagai favorit, buka aplikasi Kontak, ketuk nama orang itu, lalu ketuk ikon bintang di sudut kanan atas.
  • None : Tidak ada notifikasi panggilan atau pesan yang akan menerima status prioritas.

Saat kamu sudah memilih setingan yang kamu inginkan untuk pesan dan panggilan, maka kamu juga bisa memilih apakah ingin menerima notifikasi dari pemanggil secara berulang-ulang untuk mendapat prioritas dengan menggeser tombol “Repeat callers” ke posisi On. Ketika setingan ini sudah menyala, kamu akan menerima notifikasi jika seseorang meneleponmu untuk kedua kalinya dalam jarak 15 menit, tak peduli apakah notifikasi dari orang tersebut mendapat status prioritas atau tidak.

Comments on this entry are closed.