Cara Menggunakan Greenify

by Ummy Tsabit on February 26, 2016

Memiliki banyak aplikasi dan game dalam satu ponsel Android, tentu membuat kinerja menjadi berat dan daya tahan baterai ponsel mudah terkuras. Ponsel menjadi gampang lag alias lemot dan baterai cepat habis. Ada banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang menjanjikan kemampuan untuk meningkatkan masa hidup baterai perangkatmu dan keseluruhan performa namun banyak dari mereka juga datang bersamaan dengan tambahan bloatware yang mungkin saja tidak terlalu kamu butuhkan. Mereka juga biasanya menyertakan iklan dan menyarankan untuk menginstal aplikasi rekomendasi lain. Namun ada satu yang berbeda, yakni Greenify yang bebas iklan.

Greenify adalah aplikasi yang akan meletakkan aplikasimu dalam status hibernasi (tidur panjang) saat tidak digunakan dan pada gilirannya nanti, hal ini akan membebaskan lebih banyak ruang memori dan daya tahan baterai. Selain itu, tampilan Greenify juga sangat sederhana dan hanya berisi fitur yang kamu perlukan saja. Dengan Greenify, akan memperpanjang daya tahan baterai perangkat Android hingga beberapa jam dan melegakan memori RAM. Ingin tahu lebih jelas tentang Greenify, berikut adalah ulasan lengkapnya ;

Cara kerja

Aplikasi Greenify akan menghibernasikan (menidurkan) aplikasi pelahap daya yang berjalan di latar belakang ponsel Androidmu. Hal ini berrati daya baterai yang semestinya dikuras oleh aplikasi ini sekarang bisa dibebaskan sehingga nanti akan memperpanjang daya tahan baterai dan mempercepat performa ponsel. Aplikasi Greenify juga akan membebaskan banyak memori RAM pada perangkatmu, sehingga membuat perpindahan antara beberapa aplikasi dan game menjadi lebih lancar dan cepat di smartphone atau tabletmu.

Kamu tidak perlu lagi untuk meng-uninstal atau menonaktifkan aplikasi apapun demi menghemat baterai dan melegakan RAM, karena yang yang kamu perlu lakukan hanyalah menggunakan interface Greenify untuk meletakkan semua aplikasi dan game dalam status hibernasi. Kamu bahkan bisa menggunakan Greenify untuk mengendalikan ketika ada sebuah aplikasi yang restart. Semua aplikasi akan tetap berada di mode tidur (sleep mode) hingga kamu memilih untuk membangunkan mereka. Aplikasi ini cukup bermanfaat bagi seseorang yang memiliki banyak seklai aplikasi, yangbahkan mencapai ratusan aplikasi. Katakanlah kamu memiliki 100m aplikasi, dan kamu memutuskan untuk menaruh mereka dalam posisi tidur dan kamu hanya ingin katakanlah memakai 5 aplikasi saja, maka hanya 5 aplikasi inilah yang akan bangun setelah kamu menjalankannya. Dan aplikasiyang lain akan tetap dalam kondisi tertidur.

Fitur

Fitur unggulan di Greenify Auto-Hibernation yang dulu mengharuskan pengguna untuk me-root ponselnya, kini sudah bisa diakses dan bekerja pada ponsel yang tidak di root (namun perlu kamu aktifkan dulu di setting experimental features, dan memerlukan Android versi Ice Cream Sandwich ke atas). Fitur penghemat baterai ini sekarang sudah bisa kita nikmati tanpa harus memiliki akses root ke ponselmu.

Greenify juga akan membantumu mengidentifikasi dan meletakkan aplikasi yang boros baterai kedalam mode hibernasi ketika kamu tidak menggunakannya, untuk menghentikan mereka dari membuat lag ponsel dan menguras baterai. Aplikasi tersebut tidak akan bisa berkutik tanpa adanya peluncuran langsung olehmu, namun masih mempertahankan fungsionalitas penuhnya ketika sedang brejalan di depan layar (foreground).

Cara menggunakan Greenify

  • Download dan instal dulu aplikasi Greenify dari Google Play Store secara GRATIS.
  • Buka aplikasi Greenify dan kamu akan disambut interface seperti yang ada di bawah ini ;

antar muka greenify

  • Lalu tekan tanda “+” yang ada di pojok kanan atas. Dari laman ini akan memungkinkanmu untuk memilih dan menentukan aplikasi mana yang akan kamu hibernasi.
  • Greenify akan mengkategorikan aplikasi di sistemmu ke dalam tiga kategori, yakni “Running in Background”, “Scheduled Running”, dan “May Slow Down the Device When”.
  • Jika kamu ingin melihat semua aplikasi yang ada di ponselmu, kamu bisa menekan tombol setting berupa ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas dan pilih “Show All”.
  • Pilih aplikasi mana saja yang ingin  kamu hibernasi dengan cara menekan agak lama pada sebuah aplikasi lalu pilih aplikasi yang lain, jika sudah tap tanda centang yang berada di pojok kanan atas.

Ada dua cara untuk melakukan hibernasi, yakni Manual Hibernation yang diperlukan khususnya pada aplikasi yang sudah dibangunkan kembali dan ingin di hibernasi lagi, dan Automatic Hibernation.

Jika kamu tidak mau repot harus meng-hibernasi satu per satu aplikasi secara manual, maka kamu bisa membiarkan Greenify untuk secara otomatis menghibernasi semua aplikasi yang sudah kamu pilih. Caranya : buka menu Option berupa ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan bawah lalu pilih Experimental Setting. Lalu centang Automated Hibernation dan pilih Greenify. Geser tombol aktifasi yang ada di pojok kanan atas dari Off ke On, lalu pilih “OK”. Setelah itu kembali lagi ke Automated hibernation > pilih Activate. Maka Greenify akan melakukan hibernasi otomatis ke semua aplikasi yang kamu pilih.

Comments on this entry are closed.