Cara Menggunakan Nandroid Backup Dengan Recovery

by Siti Eka Kurniati on January 4, 2016

Ada beberapa cara menggunakan Nandroid backup. Salah satunya dengan recovery mode pada ponsel kamu.

Menggunakan recovery untuk mengaktifkan Nandroid backup adalah dengan alasan karena dengan mode recovery mode maka sistem operasi ponsel kamu tidak akan bekerja terlalu keras dan akan efektif apabila menggunakan Nandroid backup dengan Recovery mode.

Perlu diingat bahwa file output dari Nandroid backup cukup besar dan hampir mencapai satuan Gigabytes secara keseluruhan. Kamu perlu menggunakan SD Card yang mumpuni untuk menggunakan Nandroid backup ini. Tapi jangan khawatir karena kamu bisa memindah file yang sangat besar ini ke komputer kamu agar bisa disalin ke ponsel lain atau sekedar untuk backup di komputer.

Custom recovery biasanya menawarkan fitur Nandroid backup pada masing-masing pada fasilitasnya dan kamu bisa mencari custom recovery dimanapun. Jika kamu tidak mau ambil pusing untuk mencarinya lagi, saya sediakan link downloadnya agar lebih mudah dan tanpa perlu kamu mencari-cari lagi. Link downloadnya sebagai berikut di bawah ini dengan cara CWM atau TWRP.

  1. CWM www.clockworkmod.com/rommanager
  2. TWRP http://teamw.in/project/twrp2/

Untuk penggunaan Nandroid backup pada CWM dan TWRP tidaklah beda jauh. Saya akan mengambil sampel dengan ClockworkMod untuk penggunaan Nandroid backup kamu.

Cara menggunakan Nandroid Backup dengan recovery adalah sebagai berikut:

  1. Buka ROM Manager dan pilih Reboot to Recovery
  2. Tekan tombol kombinasi ponsel kamu (volume atas dan power, tergantung tipe ponsel)
  3. Pilihlah backup and restore, tunggulah beberapa menit karena akan memakan waktu cukup lama
  4. Nandroid Backup telah siap, pilih reboot
  5. Hubungkan ponsel kamu ke komputer
  6. Akses folder /sdcard/clockworkmod/backup untuk CWM Nandroid dan /o/TWRP/Backups untuk TWRP Nandroid
  7. Dan salin ke komputer

Hal tersebut adalah cara yang mujarab untuk mengantisipasi ponsel kamu agar terhindar dari brick.

Catatan :

Nandroid backup tidak akan berfungsi apabila kamu menggunakan recovery yang berbeda. TWRP Nandroid tidak dapat kamu akses menggunakan CWM dan begitu pula sebaliknya. CWM Nandroid tidak dapat kamu akses menggunakan TWRP. Untuk itu kamu hanya diperbolehkan memakai salah satu recovery saja dalam menggunakan Nandroid backup.

 

Comments on this entry are closed.