Cara Menggunakan Tumblr

by Siti Eka Kurniati on February 22, 2016

Kemarin kita sudah membahas apa itu tumblr. Tumblr merupakan microblogging gabungan antara wordpress dan twitter atau media social danĀ  blogging. Dan seperti sudah dijanjikan pada artikel sebelumnya, kali ini kami akan membahas tentang cara kerja tumblr atau bagaimana cara menggunakan tumblr. cara menggunakan tumblr Artikel di bawah akan menjelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di tumblr serta bagaimana cara menggunakan fitur tumblr tersebut. Dan yang pertama akan kita pelajari adalah jenis post atau jenis kiriman yang ada di tumblr. fitur yang ada di tumblr Pada gambar di atas, kita bisa melihat ada tujug ikon yang menandai jenis postingan tumblr yaitu teks, foto, quote, link, chat, audio / suara dan pastinya video. Tiap-tiap jenis postingan ini tentu memiliki kegunaan serta fitur tersendiri, berikut ini adalah penjelasannya.

  • Text. Postingan berisi teks biasa, namun kamu juga bisa menambahkan hyperlink, gambar, gif, video, kode html serta widget berbasis html ke dalam postingan ini.
  • Photo. Kamu dapat membuat postingan foto dengan menambahkan keterangan atau caption teks pada postingan ini. Foto bisa kamu unggah atau upload lewat pc atau gadget milikmu atau bisa juga menggunakan url foto dari web lain.
  • Quote. Hampir mirip dengan postingan text, namun quote atau kutipan yang ditulis akan berada di bagian atas dan di bawahnya kamu bisa menuliskan sumber kutipan tersebut. Saat menuliskan sumber kutipan tersebut, kamu bukan hanya bisa mengetikkan teks saja namun juga bisa menyisipkan gambar, video atau gif.
  • Link. Untuk mengunggah link dari sebuah web yang nantinya akan ditampilkan judul serta keterangan dari link yang diunggah. Di bawahnya kamu bisa menambahkan keterangan serta taggar mengenai informasi link yang diunggah.
  • Chat. Kamu bisa membagikan cuplikan percakapanmu dengan postingan ini.
  • Audio. Kamu bisa mengunggah file audio berformat mp3 (track music, podcast, dll) atau melalui url. Lagu yang diposting bisa dimainkan / diputar menggunakan flash music player. Setiap harinya kamu hanya bisa mengunggah satu postingan audio saja.
  • Video. Kamu bisa memposting video yang diunggah dari pc milikmu atau juga dari situs youtube atau vimeo.

Sekarang kita akan membahas fitur yang ada dalam kiriman posting. Ada beberapa tombol dengan kegunaan tertentu yang menyertai postinganmu, berikut ini adalah keterangannya. fitur yang ada di tumblr

  1. Yang pertama adalah tombol pesan. Kamu bisa langsung mengirim postingan kepada seseorang secara langsung.
  2. Reblog. Tombol ini seperti tombol share / bagikan di facebook. Berfungsi untuk memposting ulang kiriman orang lain.
  3. Like. Tentu kamu tau arti tombol ini. Yup, untuk menandai bahwa kamu menyukai postingan tersebut, kamu bisa memberikan like dengan menekan tombol berbentuk hati ini.

Comments on this entry are closed.