Cara Menggunakan Twitter, Lengkap Dengan Panduan Video

by aries on May 19, 2014

Setelah kamu membuat akun twitter dan mengenal daftar istilah-istilah dalam twitter yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan user lain, saatnya jalin komunikasi dengan membagikan tweet (update status), membalas tweet (mengomentari status) dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Twitter, Lengkap Dengan Panduan Video

Lalu bagaimana cara menggunakan twitter untuk menjalin komunikasi dengan sesama pengguna twitter. Memang bagi pemula, twitter lebih ribet bila dibandingkan dengan jejaring sosial facebook. Untuk itu saya membuat panduan tutorial cara menggunakan twitter berikut ini;

Mengatur profil di twitter

  1. Sebelum berkomunikasi, akan lebih baik melengkapi profil kamu di twitter yang meliputi photo profil (change photo), sampul profil (change header), name, location, website, bio (tentang kamu), dan connect to facebook. Caranya klik Setting and helpSettings – pada sisi kiri, klik Profile, maka akan ada kotak dialog dengan beberapa form yang telah disebutkan di atas, yakni change photo dan lain-lain.
  2. connect to facebook artinya twitter di integrasikan ke akun facebook kamu. sehingga apa yang kamu tweet-kan akan menjadi status di facebook kamu. Caranya; klik connect to facebook, pada browser baru yang ditampilkan, isikan email facebook atau email yang digunakan untuk membuat akun facebook dan password lalu klik Login atau Masuk. Kemudian klik Lanjutkan atau Next, lalu klik Ok pada kotak dialog yang ditampilkan.
  3. yang terakhir, klik Save changes.

Menggunakan twitter

  1. setelah selesai seting profil, saatnya menggunakan twitter. caranya; klik Compose new tweet  pada kotak dialog yang ditampilakan, ketik status kamu lalu klik Tweet. Kamu bisa menambahkan foto pada tweet tersebut  dengan klik Add photo. Jika tweet ini dikaitkan dengan orang lain sesama pengguna twitter, cukup tambahkan @username, misalnya @alltutorialnet. Tweet yang baru saja kamu bikin, akan muncul di timeline kamu dan juga timeline follower kamu.
  2. Replay & Retweet; jika ada tweet yang menarik bagikan saja tweet tersebut ke follower kamu. Caranya klik Retweet – lalu klik Retweet lagi pada kotak dialog yang ditampilkan. Untuk membalas, klik replay – isikan balasan pada form yang tersedia – lalu klik tweet. Reply dan retweet yang baru saja kamu lakukan akan dilaporkan di notification yang berada pada akun twitter following kamu.
  3. untuk mengirim direct message, klik nama pengguna twitter – lalu pilih More user actionSend a direct message – ketik isi pesan, lalu klik Send message. Pengiriman pesan ini hanya bisa dilakukan dari following ke follower, dan follower yang telah dikirimi pesan via DM tidak bisa membalas, kecuali following tersebut juga menjadi follower kamu (sudah men-follow balik)

Supaya lebih mudah dalam memahami cara menggunakan twitter, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.