Cara Menghemat Baterai Android

by Siti Eka Kurniati on August 8, 2015

Android, Operating System gagasan dari Google ini semakin gencar digunakan oleh berbagai produsen gadget terkemuka sebagai platform produk mereka. System operasi ini memang sangat mudah digunakan alias user friendly. Dengan OS ini kamu bisa dengan mudah terhubung ke internet serta mengunduh berbagai aplikasi menarik yang telah didukung oleh Android. Tapi kemudahan OS ini untuk selalu terkoneksi dengan internet membuat daya baterai yang dimiliki gadget kamu cepat habis.

Cara Menghemat Baterai Android

Nah, kali ini kami mau membagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan pada gadget ber OS android milikmu untuk menghemat baterai. Simak cara – cara menghemat baterai android berikut ini :

Mematikan Fiture Yang Tidak Benar-Benar Kamu Perlukan

GPS, Wifi, Wifi Hotspot, Bluetooth, adalah beberapa fitur yang mungkin jarang kamu gunakan kecuali memang kamu sedang membutuhkan atau berada di areal sekitar yang mendukung fitur tersebut. GPS mungkin adalah fitur yang jarang kamu gunakan karena fitur tersebut akan berguna jika kamu sedang tersesat atau sedang menavigasikan sebuah rute tujuan. Salah satu fitur pemboros baterai yang lain adalah Wifi, gadget androidmu akan otomatis mencari sinyal Wifi jika fitur Wifi mu aktif, ini akan berakibat pada daya bateraimu yang akan terkuras. Begitu juga Bluetooth, fitur Bluetooth akan selalu mencari koneksi lain apabila sedang aktif dan ini juga akan mengurangi daya bateraimu.

Mengurangi Brightness (Tingkat Kecerahan) Layar

Tampilan layar OS android memang jernih dan cantik, apalagi pila gadgetmu termasuk memiliki teknologi Super Amoled. Tapi tampilan bagus ini bisa membuat baterai gadget kamu cepat habis. Untuk itu, ada baiknya kamu mengurangi tingkat kecerahan layar ponselmu lebih rendah, kamu bisa menaikkan brightness apabila berada di tempat-tempat yang redup saja.

Mengalihkan Koneksi

Android bekerja dengan menggunakan sinyal 3G maupun 4G, namun kestabilan sinyal tersebut membuat gadget kita akan bekerja lebih untuk mencari sinyal yang terpancar kuat. Jadi, jika kamu sedang dalam area yang menyediakan koneksi Wifi atau HotSpot, lebih baik kamu mengalihkan koneksimu pada jaringan Wifi tersebut. Dan lagi, signal Wifi cenderung lebih stabil dan kuat hingga kamu hanya perlu waktu singkat untuk loading halaman ataupun aplikasi ketika kamu sedang browsing atau sedang menggunakan aplikasi yang  memerlukan sambungan internet.

Mengurangi Volume & Getar

Seperti yang umum kita ketahui, getar pada gadget terlebih pada ponsel seringkali memakan daya baterai. Begitu juga volume, untuk lebih menghemat baterai gadget androidmu lebih kamu mengurangi volume suara pada gadgetmu.

Setel Waktu tidur / Screen Time Out

Tidak membiarkan layar ponsel atau gadgetmu menyala lama adalah salah satu cara menghemat baterai android milikmu. Kamu bisa mengatur waktu sleep gadgetmu ke dalam waktu yang paling rendah.

Mematikan Fitur Sync

Notifikasi dari berbagai aplikasi yang kamu install di gadget androidmu pasti selalu muncul meski kamu jarang menggunakan aplikasi tersebut. Ini juga menjadi penyebab borosnya baterai android. Kamu bisa mematikan fitur sync untuk pemberitahuan dari facebook, email, twitter dan aplikasi lain yang jarang kamu gunakan. Tapi kamu tak perlu khawatir karna kamu tetap menerima pemberitahuan itu pada akunmu jika kamu menggunakan aplikasi tersebut. Atau kamu bisa juga mengurangi frekuensi sync pada tiap aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Menginstall Aplikasi Penghemat Baterai

Kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi penghemat daya baterai gadget androidmu di google playstore untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai androidmu. Kamu bisa membaca artikel aplikasi penghemat baterai untuk memilih aplikasi mana yang cocok untuk menghemat baterai android kamu.

Comments on this entry are closed.