Cara Menghemat Baterai Di Ponsel Layar AMOLED

by Ummy Tsabit on February 2, 2016

Tampilan layar memang lebih banyak menguras daya baterai dibanding dengan sumber lain pada perangkat Android dan itulah mengapa, saat kamu mengaktifkan fitur power save mode, maka tingkat kecerahan (brightness) adalah hal yang paling pertama untuk dikurangi. Jadi, jika kamu ingin daya tahan bateraimu tetap awet, maka hal yang paling pertama harus kamu mulai adalah dengan menghemat tampilan layar.

cara hemat baterai AMOLED

Pada umumnya, perangkat Android pasti layarnya menggunakan salah satu dari dua jenis teknologi layar tercanggih saat ini, LCD dan AMOLED. Nah, jika kamu memiliki ponsel Android dengan layar LCD, maka tidak akan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghemat baterai. Kamu hanya bisa mengurangi tingkat kecerahan layar dan mengurangi waktu durasi aktif layar saja. Meski begitu, jika kamu memiliki ponsel dengan layar AMOLED seperti Samsung Galaxy S5, S6, Galaxy Note 3, atau Blackberry Q10 dan Blackberry Z30, maka akan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai. Namun sebelum kita melangkah lebih jauh untuk membahasnya, kamu sebaiknya memahami terlebih dulu cara kerja AMOLED dan bagaimana bisa daya baterai bisa dihemat.

Cara kerja AMOLED

Saat kita membandingkan antara LCD vs AMOLED, maka kamu perlu tahu bahwa tampilan LCD mengandalkan cahaya backlight dbelakang seluruh panel display nya karena LCD tidak mampu menghasilkan cahaya sendiri. Sementara AMOLED, memiliki masing-masing piksel yang akan memancarkan dioda cahaya yang menghasilkan cahaya mereka sendiri-sendiri. Jadi, jika setiap piksel diatur menjadi berwarna hitam, maka semuanya akan mati dan tidak akan memancarkan cahaya apapun sehingga hal tersebut akan membuat porsi layar berubah menjadi hitam, dan bisa menghemat daya.

Bisa dikatakan, semakin banyak jumlah piksel gelap yang kamu miliki pada layarmu, maka akan semakin hemat baterai ketika kamu menggunakan display AMOLED.  Jadi, agar bisa menghemat baterai pada layar AMOLED, maka ikuti tips menghemat daya baterai Android AMOLED berikut ini :

  • Gunakan wallpaper Hitam (gelap)

Lock screen yang diikuti dengan home screen, merupakana salah satu hal yang paling sering kamu lihat pada perangkat Android, dan itulah tempat pertama dimana kita harus memulai. Dalam rangka untuk menghemat daya baterai, kamu bisa menggunakan wallpaper berwarna hitam baik untuk wallpaper lock screen atau home screen. Namun, jika kamu tidak suka dengan wallpaper berwarna gelap, maka setidaknya gunakanlah wallpaper yang sebagaian besar warnanya berwarna hitam. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di Google Play Store dengan menggunakan kata kunci black wallpaper.

  • Gunakan AC Display untuk Notifikasi

Langkah berikutnya untuk menghemat daya bateraimu sembari melihat notifikasi pada ponselmu adalah dengan menggunakan aplikasi  AC Display. Aplikasi ini akan memberimu cara minimalis untuk melihat pemberitahuan langsung dari layar kunci dan mengambil tindakan. Aplikasi AC Display Lock Screen Notification memiliki background yang full hitam dan hal ini tentu akan menghemat pemakaian baterai ketika kamu sering melihat notoifikasi. Selain itu, akan sangat keren dan elegan untuk melihat notifikasi di AC Display.

  • Gunakan aplikasi dengan tema gelap

Hal terakhir ynag bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponsel AMOLED adalah, mengenai aplikasi dan permainan. Bicara soal games, tentu tidak ada yang bisa kita lakukan mengenai hal tersebut. Kamu tentu tidak bisa begitu saja berpindah dari game Candy Crash Saga ke game Into The Dead, hanya karena permainan tersebut lebih banyak memiliki piksel berawarna gelap. Jadi jika sudah berada di game, maka tinggal main saja.

Namun untuk aplikasi, maka akan lain lagi ceritanya. Kamu bisa memilih aplikasi seperti gReader, Textra SMS, Dolphin Browser, atau Fenix for Twitter atas default yang bisa  kamu gunakan untuk mendapatkan mode gelap ketika kamu menjalankan aplikas-aplikasi tersebut dan bisa menghemat baterai. Ada masih banyak aplikasi lain di Google Play Store yang menawarkan tema aplikasi yang berawarna gelap.

Jadi kesimpulannya adalah, menggunakan segala sesuatu yang seba gelap dan hitam, merupakan cara terbaik untuk lebih menghemat daya baterai pada ponsel dengan display AMOLED.

Comments on this entry are closed.