Cara Menghemat Kuota Internet Android

by aries on June 20, 2014

Semakin menjamurnya smartphone Android dan meratanya akses internet ke seluruh pelosok negeri, membuat kita semakin mudah mendapatkan berbagai konten yang kita inginkan, mulai dari hiburan, berita, game, lagu, video, dan masih banyak lagi. Namun, sebenarnya semua hal tersebut memiliki kendala tersendiri, yaitu terbatasnya kuota data internet yang Anda miliki. Agar kita tetap bisa bebas ‘bergerak’ dalam memanfaatkan kuota internet secara optimal tanpa harus boros data, berikut adalah beberapa tips dalam meminimalisir penggunaan kuota internet agar lebih irit.

Cara Menghemat Kuota Internet Android

  1. Periksa lebih dahulu aplikasi yang menguras data

Tanpa disadari, meski jaringan internet sedang tidak terhubung, dalam beberapa aplikasi android tetap aktif menggunakan data internet secara tersembunyi (background). Seperti contoh aplikasi edukasi untuk anak, yakni ABC Marbel Huruf. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa kuota internet menjadi cepat habis. Sebagai langkah untuk menyiasatinya, matikan fungsi auto up-date supaya mengurangi penggunaan kuota internet. Atau jika terpaksa tetap harus di up-date, pilih pengaturan ke Wi-Fi only, atau Auto up-date apps over Wi-Fi only. Untuk aplikasi yang tetap akan selalu terhubung ke server mereka dan berjalan dibalik layar, masuklah ke pilihan setting aplikasi tersebut dan matikan fitur internet yang menggunakan data, dan pilih hanya melalui Wi-Fi saja jika ada, agar bisa menghemat kuota.

  1. Atur setting sinkronisasi

Dalam android, ada fitur sinkronisasi otomatis yang akan memastikan bahwa akun Anda akan selalu diperbarui setiap ada perubahan terbaru. Ini berarti akan menguras kuota dan juga baterai ponsel. Untuk mengatasinya, masuk ke Settings – Account – Google, dan pilih akun. Anda bisa memilih mana aplikasi yang akan Anda nonaktifkan atau tidak untuk menghemat kuota. Aktifkan aplikasi yang benar-benar Anda perlukan saja. Atau Anda juga bisa mematikan seluruh proses sinkronisasi sementara dengan cara masuk ke menu Setting – data usage, lalu tekan tombol Menu dan matikan Auto-sync data.

  1. Meminimalkan penggunaan data peramban

Saat kita mengakses beberapa situs yang ‘berat’, bisa jadi hal itu akan menguras data, apalagi situs tersebut tidak menyediakan versi mobile-nya. Untuk itu, Anda harus menggunakan peramban yang menyediakan fitur kompresi datanya agar ukuran filenya menjadi lebih kecil. Jika yang digunakan adalah peramban bawaan Android, Anda bisa mengaturnya dengan cara masuk ke Setting – Advanced, geser ke bawah dan pilih Block pop-up. Lalu tekan tombol kembali dan pilih Bandwidth Management. Pada pilihan search result preloading dan web page preloading pilih ke Never atau Only on Wi-Fi. Dan jangan lupa untuk menonaktifkan pilihan Load Images.

nur hisam June 25, 2014 at 1:15 am

good paper,fren..

Comments on this entry are closed.