Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop

by Siti Eka Kurniati on July 27, 2015

Jerawat?? Oh No!! jerawat adalah salah satu hal yang menyebalkan bagi siapapun, terutama bagi kaum hawa. Jerawat sangat mengganggu, bukan hanya rasa perih pada daerah yang terdampak jerawat, tapi juga mengganggu tampilan wajahmu. Membuatmu tidak nyaman, dan kurang percaya diri, apalagi untuk berselfie ria. Tapi bagaimana jika ada suatu hal yang membuatmu tidak bisa untuk menghindari lensa kamera? Tenang.. jangan khawatir! Kamu bisa kok dalam sekejap menghilangkan jerawat serta bekas-bekasnya bahkan memperhalus kulit wajahmu seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop

Kamu bisa lihat kan perbedaan mencolok kedua gambar di atas? Yup, gambar paling bawah adalah hasil manipulasi dari photoshop. Jerawat pada mukamu bisa juga ngilang kayak gambar di atas kalau kamu ngikutin tutorial di bawah ini :

  • Yang pertama dilakuin pastinya menyiapkan gambar yang akan kamu hilangkan jerawatnya. Klik Menu File lalu pilih Open, browse gambarmu lalu klik Open button
  • Aktifkan Patch Tool di toolbar
  • Duplikat layer backround. Caranya seperti biasa, tekan saja tombol kombinasi Ctrl+J pada keyboard.
  • Dengan patch tool yang masih aktif, buatlah lingkaran (tidak harus lingkaran, buat saja area seleksi berbentuk apapun) pada daerah yang terkena jerawat.
  • Geser area seleksi lingkaran ke bagian yang tidak terdampak jerawat. Seara otomatis, jerawat akan hilang.
  • Setelah semua jerawat hilang, kamu bisa menghaluskan permukaan kulit wajah pada fotomu.
  • Aktifkan pen tool dan buat path ke sekeliling area yang akan kamu perhalus kulitnya.
  • Klik kanan, pilih make selction maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini. Isikan nilai 10 pixels oada jara feather nya lalu klik OK.
  • Pergi ke menu Filter, sorot submenu Blur kemudian pilih Gaussian Blur. Isikan dengan nilai 10 pixels pada kolom radius lalu klik OK.
  • Setelah diberi filter Gaussian blur kulit wajah pada gambarmu akan tampak halus, kamu juga bisa membuat kulitmu tampak lebih cerah dan putih dengan mempraktekkan tutorial yang kami bagikan sebelumnya, yaitu cara memutihkan wajah dengan photoshop

Jika kamu masih kesusahan memraktekkan tutorial di atas, kamu bisa simak video berikut ini.

Nah, mudah bukan cara menghilangkan jerawat dengan photoshop ? hanya dengan menggunakan patch tool dan filter Gaussian Blur kamu sudah bisa membuat wajahmu tampak mulus dan halus. Selamat mencoba 🙂

Comments on this entry are closed.