Cara Menghilangkan Notifikasi Update Sistem di HP Android

by Ummy Tsabit on May 1, 2016

Jika kamu merupakan salah satu pengguna perangkat Android besutan Google seperti smartphone seri Nexus ataupun Android One, tentu akan mendapatkan dukungan penuh dari Google dalam masalah mendapatkan update versi sistem operasi ataupun software terbaru. Kamu tidak perlu lagi melakukan update secara manual karena akan mendapatkan notifikasi langsung update software via OTA (Over The Air).

cara hilangkan notifikasi update

Saat ini meskipun kita akan selalu menerima update sistem Android terbaru, namun masih ada beberapa pengguna yang akan lebih memilih untuk tidak ingin atau menunda melakukan update sistem. Alasannya pun bisa berbeda-beda, diantaranya adalah :

  • Kamu tidak bisa melakukan update software karena perangkatmu sudah di root. Agar bisa melakukan hal tersebut, kamu terlebih dulu harus melakukan unroot, lalu kemudian melakukan update, dan setelah itu me-root perangkatnya sekali lagi. Tentu akan sangat ribet bukan?
  • Kamu sudah benar-benar puas dengan versi terbaru yang saat ini sedang kamu gunakan dan ingin menunggu sejenak sebelum kamu memutuskan untuk melakukan update ke versi yang lebih baru lagi.
  • Alasan lain untuk tidak melakukan update adalah, kamu memilki perangkat keluaran lama sehingga tidak akan mampu mengimbangi dengan baik OS versi terbaru. Misalnya saja, Nexus 7 tentu akan bekerja dengan lebih baik jika menggunakan versi KitKat daripada yang versi Lollipop.

Sekarang, bahkan jika kamu memutuskan untuk tetap menggunakan versi Android yang lebih lama, masih ada satu masalah yang akan kita temui, yakni notifikasi pengingat pembaruan tidak akan pernah hilang dari layar ponselmu. Dan ini tentu akan sangat menjengkelkan.

Jadi jika kamu memutuskan untuk tidak melakukan update sementara waktu, berikut akan kami ulas tentang bagaimana cara menyingkirkan notifikasi pengingat update dari layar ponselmu :

Cara menghilangkan Pemberitahuan System Update

  • Buka Pengaturan (Setting)> Aplikasi (Apps)> Semua (All)> Google Play Service dan kemudian hapus tanda centang pada opsi “Tampilkan pemberitahuan” (Show Notification).

Tetapi jika solusi di atas tidak bekerja untukmu, maka ada solusi alternatif lain yang bisa kamu coba. Namun untuk cara yang satu ini, diperlukan perangkat yang sudah mendapatkan akses root. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Instal aplikasi Disable Services dari Google Play (membutuhkan akses root)
  • Buka aplikasinya dan cari ‘Google Services Framework‘ lalu buka.
  • Selanjutnya hapus tanda centang pada pilihan ‘System Update Service‘.

Itu dia. Mudah bukan? Kamu kini tidak akan melihat adanya notifikasi pembaruan sistem lagi di layar ponselmu. Namun, jika kamu nantinya memutuskan untuk memperbarui versi sistem setelah beberapa waktu, maka untuk memunculkan notifikasinya lagi kamu harus pergi ke pengaturan (Setting)> tentang telepon (About Phone)> pembaruan sistem (System Update). Sehingga kamu dapat menginstal kembali update sekali lagi.

 

Comments on this entry are closed.