Cara Menghilangkan Virus Engrik, Engirls dan MonkeyTest

by aries on December 9, 2015

Akhir-akhir ini banyak sekali smartphone atau tablet yang masuk meja servis gara-gara terinfeksi oleh virus Engrik, Engirls dan MonkeyTest. Selain ketiga virus ini, terkadang juga disertai oleh virus Measure, Cast Studio, dan Time Service.

Cara Menghilangkan Virus Engrik, Engirls dan MonkeyTest

Jika sudah terkena virus yang amat sangat menjengkel ini, Android akan mengalami berbagai masalah seperti; Sayangnya aplikasi Engrik telah berhenti (unfortunately). Tidak hanya Engrik saja yang berhenti, aplikasi lain yang sebenarnya bukanlah virus juga mengalami eror unfortunately.

Pesan eror seperti ini muncul hanya dalam hitungan detik (tergantung tingkat keparahannya), seperti tidak memberikan kesempatan buat kita untuk mengoperasikan Android. Virus-virus ini akan sangat aktif jika Android terhubung ke jaringan internet. Selain muncul masalah eror unfortunately, Android juga tiba-tiba muncul popup iklan dewasa. Saya tidak perlu menjelaskan kata ‘dewasa’ disini, karena saya yakin kita semua sudah mengerti 🙂

Virus-virus ini tidak bisa dihapus atau di uninstall karena sudah masuk ke system, jadi virus ini sudah seperti aplikasi bloatware. Akhirnya saya mencoba tool untuk menghilangkan aplikasi bloatware. Memang dengan metode ini virus tersebut bisa hilang, namun dalam hitungan detik virus Engrik, Engirls dan MonkeyTest kembali lagi. Setelah gagal, saya mencoba cara lain dengan melakukan factory reset, namun gagal juga. Saya coba hard reset dan masih gagal juga (virus-virus tersebut tetap tinggal dengan nyaman di Android)

Setelah gagal dengan berbagai upaya di atas, akhirnya saya mencoba menghilangkan virus Android dengan install antivirus kaspersky yang terkenal handal dalam membasmi virus. Setelah berhasil download Kaspersky Android dari situs www.kaspersky.com, saya install aplikasi tersebut dan langsung melakukan scanning di HP Android. Virus-virus tersebut berhasil terdeteksi, dan disana ada pilihan untuk menghapus atau uninstall. Namun, lagi-lagi virus tersebut kembali lagi dan untuk selanjutnya hanya bisa dikarantina saja.

Dengan demikina, virus tersebut tetap membut Android mengalami berbagai masalah seperti saya sebutkan di atas. Android akan semakin lambat, semakin lambat, dan semakin lambat saat Android terkoneksi ke internet.

Nah, dalam mengatasi virus Engrik, Engirls dan MonkeyTest akhirnya saya memilih metode flash pada Android yang sudah terserang virus-virus tersebut. Diantaranya adalah, Tab Advan T5A dan Advan T1Q.

Untuk selanjutnya saya akan mencoba cara menghilangkan virus Engrik, Engirls dan MonkeyTest tanpa flash. Cara ini akan saya tempuh karena mempertimbangkan data penting yang ada di Android. Jadi, jangan pindah channel ya! Tetap stay di alltutorial.net

Ahmad Muhaimin January 2, 2016 at 11:03 pm

Maaf. Mau nanya… bagaimana cara terbaik untuk menghilangkn virus engrik? Sbb sdh di coba dg bbrp cara dan hasilnya cuman hilang tp muncul lagi.

Ummy Tsabit January 3, 2016 at 5:06 pm

Kalau memang tidak ada data yang penting, cara cepat dan tepat ya diflash. tapi kalau ada, ya harus di uninstall beberapa aplikasi yang mencurigakan dengan titanium backup. namun, hal ini tentunya mempertimbangkan kondisi HP. jika virus sudah sangat banyak, otomatis jadi lola kan untuk ngoprasikan HPnya. Nah, agan sabar nggak berkutat dengan HP yang lemot itu..

Comments on this entry are closed.