Cara mengoptimalkan kamera Blackberry 10

by aries on October 17, 2014

Meski pamornya tidak semoncer dua pesaing utamanya Android dan iOS, namun jika kita cermati dengan seksama fitur-fitur bawaan dari Blackberry tak kalah menarik dibanding  smartphone yang lainnya. Seperti pada aspek kamera dan multimedia misalnya, Blackberry telah menyediakan berbagai fitur unggulan yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa tips simple dan mudah untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera dari salah satu seri terbaru Blackberry, BB Z10:

Cara mengoptimalkan kamera Blackberry 10

  • Tips agar objek bisa fokus

Saat kita ingin menonjolkan objek tertentu, kadangkala kamera BB 10 salah mengenali objek tersebut, karena terlalu banyaknya objek lain disekitar tempat kamu memotret. Agar kamera bisa fokus pada objek yang kita inginkan, kamu bisa men-drag kotak penuntun fokus gambar yang ada di layar bagian pojok bawah untuk menentukan fokus yang sesuai dengan keinginan kamu.

  • Manfaatkan Foto Editor

Fitur editor foto yang terdapat pada system operasi BlackBerry ternyata cukup lengkap dan mumpuni jika dibandingkan dengan editor foto bawaan Android ataupun iOS. Pilihan fitur filter foto yang tersedi antara lain Black & White, Lomo, Sephia, Antique hingga sketsa. Ada pula fitur enhanch, crop, dan frame. Tentu akan foto hasil jepretanmu akan tampil lebih baik dan artistik jika kamu bisa mengoptimalkan dan menguatk-atik tool-tool yang ada di aplikasi editing foto ini.

  • Gunakan tombol volume untuk shutter kamera

Jika kamu tidak mau layar smartphonemu menjadi sering kotor dan terkena noda minyak akibat sering memencet tombol shutter kamera pada layar, kamu bisa menggunakan tombol volume bawah untuk men-trigger pengambilan gambar. Pasti akan lebih praktis dan membuat layar tetap terlihat bersih.

  • Membuat kamera stabil

Agar foto hasil jepretan kameramu tidak terlihat kabur (blur) dan kurang jelas, maka aturan baku yang harus kamu lakukan adalah memegang kamera pada posisi yang paling stabil. Untuk itu, kamu bisa menggunakan fitur stabilization yang bisa kamu temui dalam Menu Setting kamera agar bisa mendapatkan gambar yang tampak lebih jelas.

  • Sharing hasil foto ke jejaring social

Foto yang baru saja kamu potret bisa langsung kamu jadikan sebagai foto kontak dengan cara setelah mengambil gambar, tekan tombol thumbnail yang ada dipojok kiri bawah menu kamera. Lalu tekan tombol menu di bagian kanan bawah, pilih Set As>Contact Picture. Dengan cara yang serupa, kamu juga bisa membagikan foto tadi ke berbagai jejaring sosial pilihan seperti BBM, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

  • Sharing video

Jika kamu ingin membagikan video buatanmu ke Youtube secara online, maka cara agar kapasitasnya tidak terlalu besar adalah menggunakan mode resolusi.

Itulah beberapa tips mengoptimalkan kamera Blackberry 10. Untuk kamu yang menggunakan sistem Android dan ingin mengoptimalkan aspek kameranya, kamu bisa menggunakan salah satu dari daftar aplikasi terbaik untuk kamera Android.

Comments on this entry are closed.