Cara Mengunci Kendali Layar Sentuh Android

by Ummy Tsabit on January 28, 2016

Anak-anak kecil jaman sekarang, pasti tidak mau pisah dari yang namanya gadget. Bahkan, mereka tidak akan mau makan tanpa ditemani dengan video kartun atau klip lagu favorit mereka di smartphone. Mereka bisa jadi sangat keras kepala, namun orang tua pun tidak punya pilihan lain selain memperbolehkan mereka untuk melihat film kesukaan atau video favorit untuk menghibur si kecil. Kalau si kecil anteng dan tidak usil selama memegang ponsel, maka itu tidak jadi masalah. Tapi, mereka biasanya suka memencet-mencet layar, menyentuh tombol, dan membuat ponsel orang tua menjadi kacau berantakan.

Memang, anak kecil kini selalu membuat kita pusing setiap hari saat itu berkaitan dengan smartphone. Tidak dikasih, mereka akan menangis. Jika dikasih, mereka akan mengacak-acak isi ponsel. Coba saja izinkan mereka untuk membuka youtube atau kamera, maka mereka tentu akan mengubah semua settingan yang ada sebelumnya. Tapi namanya juga anak kecil, memang begitulah sifatnya ! selalu penasaran dan tidak mau diam. Demi untuk memastikan bahwa data dan settingan ponselmu tetap terjaga dari aksi anak-anak kecil saat mereka sedang memegang ponsel, maka kamu perlu mengatur segala sesuatunya dengan tepat sejak dari awal.

Namun kini kamu tidak perlu terlalu risau, karena ada solusi berupa aplikasi yang bisa mengunci  kontrol touchscreen dari layar ponselmu, namun disaat yang sama juga bisa membuat layar tetap siaga. Dengan cara ini, mereka tetap bisa menikmati  film kartun atau video kesukaan mereka tanpa bisa mendapatkan akses ke touch screen dan bahkan tombol fisik sekalipun seperti tombol home atau volume, sehingga tetap aman. Berikut akan kami ulas tentang aplikasi pengunci layar sentuh Android ;

Touch Lock – Toddler Lock

Touch Lock – Toddler Lock adalah aplikasi pengunci sederhana yang akan mengendalikan layar dan tombol hardware ponselmu ketika sudah diaktifkan. Setelah kamu menginstal aplikasinya, kamu akan diminta untuk mengaktifkan pengaturan aksesibilitas dan hal itu penting untuk mendapatkan kontrol atas tombol navigasi hardware jika ponselmu memilikinya. Konfigurasi dari aplikasi ini cukup sederhana dan aplikasinya akan memberikan panduan langkah-demi-langkah.

Setelah aplikasinya sudah terkonfigurasi, kamu akan melihat notifikasi tetap di drawer notifikasi. Untuk mengunci layar pada aplikasi tertentu, kamu tinggal membuka aplikasi tersebut dan mengaktifkan aplikasi Touch Lock – Toddler Lock dari notifikasi. Touch Lock – Toddler Lock akan memberi gelembung (bubble) tembus pandang kecil di layar pada aplikasi tertentu yang ingin kamu kunci. Untuk membukanya (unlock), kamu cukup melakukan ddobel tap diatasnya. Jumlah tap yang digunakan untuk meng-unlock aplikasi, bisa diubah di bagian setting aplikasinya dan kamu bisa mengkonfigurasikannya untuk memberikan hingga 4 kali tap agar bisa untuk mmebuka kunci.

UnTouch – Baby Touch Blocker

Aplikasi lain yang bisa kamu coba untuk melakukan tugas ini adalah, UnTouch-Baby Touch Blocker. Aplikasi ini sedikit lebih canggih jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, Touch Lock – Toddler Lock, namun pengendalian atas proses unlocknya akan sedikit ribet. Kamu juga memiliki pilihan untuk mengunci orientasi dan volume layar. “UnTouch” akan memungkinkanmu untuk bisa membuka konten-konten yang ramah bagi balita dan tetap melindungi ponselmu agar tidak kacau berantakan akibat dipencet-pencet oleh si kecil.

Aplikasi ini juga akan memberimu pilihan untuk bisa memaksa layar untuk menyala jika aplikasi yang hendak kamu gunakan tidak bisa menjaga layarmu untuk tetap dalam keasaan siaga (awake) sepanjang waktu.

Comments on this entry are closed.