Cara Mengurangi Ukuran File PDF

by Siti Eka Kurniati on July 30, 2015

Setelah kita membahas cara mengubah file PDF ke Word, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengurangi ukuran file PDF. Terkadang kita perlu mengirim beberapa data dalam bentuk PDF yang rata-rata ukurannya lumayan besar, apalagi yang di dalamnya termasuk ada gambarnya. Nah, untuk mengakalinya kamu bisa menggunakan cara di bawah ini

Cara Mengurangi Ukuran File PDF

Cara yang akan kami bagikan adalah cara memperkecil ukuran PDF secara online, jadi kamu perlu sambungan internet untuk melakukannya. Ada dua situs yang menyediakan jasa compress yang bisa jadi rekomendasi karna kualitas hasil kompresnya hampir sama dengan aslinya. Artinya jika terdapat gambar pada file PDF mu, gambar itu masih dalam kondisi normal tidak banyak berubah.

  1. SmallPDF

Situs smallpdf.com menyediakan jasa compress secara gratis untuk file PDF. Selain untuk memperkecil ukuran file PDF situs ini juga bisa untuk mengkonversi (mengubah) file PDF menjadi jenis file lain seperti gambar, dokumen (JPEG, word) dan lain-lain. Berikut adalah langkah kerja situs tersebut.

  • Pergi ke alamat : http://smallpdf.com/compress-pdf
  • Drag file mu ke daerah Drop PDF here atau kamu bisa klik pada tombol Choose file untuk membuka file PDF mu dari explore
  • Tunggu beberapa saat untuk proses peng uploadan
  • Setelah selesai upload maka secara otomatis file akan dikompres.
  • Jika proses kompres sudah selesai maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Akan ada keterangan seberapa besar file mu di kompres. Untuk mengunduh hasil kompresannya kamu tinggal klik tombol Download File Now
  1. PDFaid

Situs Compress yang satu ini mempunyai batas maksimum ukuran penguplodan file PDF yaitu 20 MB. Di sini kamu juga bisa menentukan seberapa besar kualitas gambar dan yang lainnya pada hasil akhir yang kamu inginkan.

  • Yang pertama dilakukan tentunya adalah pergi ke situs ini : http://www.pdfaid.com/compress-pdf-file.aspx
  • Upload file PDF mu dengan menekan tombol browse
  • Pada step 2, kamu bisa mengatur hasil akhir yang kamu inginkan. Seberapa besar kualitas gambar yang akan ditampilkan pada hasil akhir, dan lain sebagainya.
  • Setelah kamu mengatur kualitas hasil akhir, kami tingal klik tombol compress PDF dan tunggu prosesnya
  • Proses selesai ditandai dengan munculnya pop up seperti pada gambar di bawah ini. Untuk mengunduh hasil kompresannya, kamu harus mengklik tulisan Click Here yang berwarna biru.

Cara mengurangi ukuran file PDF secara online memang lebih mudah dan tidak ribet karna kita tidak perlu mendownload software pengecil ukuran PDF. Kamu bisa mengecilkan file PDF mu dimanapun atau pada computer manapun asal computer tersebut terkoneksi dengan internet. Namun bagi kamu yang punya koneksi internet yang tidak stabil lebih baik kamu mengunduh aplikasi compressor PDF.

Comments on this entry are closed.