Cara Menonaktifkan Atau Menghapus Akun Facebook

by Ummy Tsabit on June 12, 2016

Bisa dibilang, Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Facebook bisa menjadi tool yang sangat berguna agar kita bisa selalu terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Namun, bagi sebagian orang kini Facebook terasa menyebalkan karena sekarang akun Facebook mereka lebih banyak dipenuhi oleh iklan yang bertubi-tubi, permintaan game yang tiada henti, dan banyak sekali quiz tak perlu seperti pertanyaan tentang termasuk dari karakter Game of Throne manakah sosok dirimu.

Jika kamu termasuk salah seorang yang merasa bahwa Facebook kini sudah tidak penting dan berguna lagi, bahkan sangat mengganggu, maka disamping memberi kemudahan dalam proses pembuatan akun Facebook baru, Facebook kini juga telah cukup mempermudah para penggunannya untuk menghapus akun Facebook mereka secara permanen. Tentu saja, jika keputusan untuk menghapus akun Facebook secara permanen sedikit ekstrem dan kamu hanya ingin untuk berhenti sementara waktu dari aktivitas Facebook, maka masih ada pilihan untuk menonaktifkan akun Facebook sementara waktu. Berikut adalah cara untuk menonaktifkan atau menghapus permanen akun Facebookmu :

Cara menonaktifkan akun Facebook

cara nonaktifkan akun Facebook

Jika kamu tidak ingin secara permanen menghapus akunmu, namun hanya ingin untuk rehat sementara waktu, maka kamu memiliki opsi untuk menoantifkan akunmu. Penonaktifan ini akan dilakukan segera, dan kamu juga memiliki pilihan untuk mengaktifkannya kembali kapanpun kamu mau, tanpa harus kehilangan data-data apapun yang telah terhubung ke profil Facebookmu. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik tanda anak panah ke bawah kecil yang ada di bar bagian kanan atas halaman utama Facebookmu, dan akan muncul menu drop down.
  • Pilih menu “Setting” (Pengaturan).
  • Lalu pilih menu “Security” (Keamanan), yang ada di bagian menu sebelah kiri.
  • Klik “Edit” dan pilih bagian “Deactivate your account” (nonaktifkan akun Anda), dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Cara menghapus permanen akun Facebook

Facebook kini semakin mempermudah kita untuk bisa masuk ke situs web, game dan aplikasi tertentu, dengan menggunakan informasi Facebook milikmu untuk membuat akun di situs tersebut, tanpa harus mengisi formulir sekali lagi. Jika kamu ingin untuk menghapus akun Facebook secara permanen, maka kamu harus memastikan bahwa kamu lebih dulu menghapus link ini ke Facebook mu. Tentu saja, jika kamu berencana untuk terus menggunakan aplikasi dan situs ini, maka pastikan bahwa kamu juga memiliki informasi login alternatif lain yang diatur untuk mereka juga.

Cara menghapus link aplikasi atau situs yang terkait dengan akun Facebook adalah :

  • Pergi ke halaman Setting, dan klik “Apps” yang ada di menu navigasi di bagian menu sebelah kiri. Disana, kamu akan melihat semua alikasi, website, dan layanan yang dikaitkan ke akun Facebookmu.
  • Ketika kamu mengarahkan kursor ke salah satu aplikasi ini, maka tombol Edit dan Remove akan muncul. Klik pada tombol ‘Remove’, dan konfirmasi bahwa kamu ingin menghapus akses ke aplikasi tersebut dan klik pada tombol “Confirm’.
  • Kamu harus melakukan hal ini secara manual untuk semua aplikasi dan layanan yang ada pada daftar ini.

Begitu kamu sudah membackup data dan menghapus semua aplikasi pihak ke tiga dan layanan, maka kini kamu sudah siap untuk menghapus akun Facebookmu secara permanen dengan cara sebagai berikut :

  • Di bagian menu drop down, klik menu ‘Help’ dan cari opsi “Delete Account”, klik lalu konfirmasi.
  •  Setelah selesai, kamu sekarang memilki waktu 14 hari hingga akunmu akan secara permanen dihapus. Jika kamu masih mau berubah pikiran, maka inilah waktunya kamu untuk mengaktifkannya kembali sebelum dihapus permanen.

Comments on this entry are closed.