Cara Menonaktifkan Lenovo Vibe UI

by Ummy Tsabit on February 19, 2016

Lenovo telah membekali jajaran smartphone terbarunya dengan UI khusus yang diberi nama Lenovo Vibe. UI besutan Lenovo ini diklaim memiliki banyak keunggulan dibanding dengan UI merek smartphone yang lain. Setelah kamu mengetahui fitur-fitur keren Lenovo Vibe UI, namun kamu merasa kurang begitu cocok dan ingin berganti ke UI Stock Android, maka kamu tidak usah khawatir, karena Lenovo memungkinkan para penggunanya untuk bisa berganti ke Stock Android. Dan yang lebih menarik lagi, jika kamu melakukan hal ini (berganti ke stock Android), maka tidak akan membatalkan garansi ataupun mempengaruhi data yang sudah tersimpan. Untuk mengetahui caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini :

Mengakses Developer Option

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menuju ke menu Setting di smartphone Lenovo milikmu. Kamu harus terlebih dulu mengaktifkan Developer Option dengan cara berikut ini :

  • Di bagian paling bawah, pilih About Phone.
  • Lalu, pilih Device Information.
  • Lalu, gulir ke bagian Build Number
  • Tekan Build Number dengan cepat hingga tujuh atau sepuluh kali pencet. Pesan singkat akan muncul memberitahukan bahwa mode developer option sudah diaktifkan.

Setelah itu, kembali lagi ke menu Setting dan kamu akan melihat menu Developer Option di atas seksi About Phone. Pilih Developer Option, dan nyalakan fitur Developer Option dengan cara menekan menggeser tombolnya ke posisi On. (karena akan berada di posisi Off secara default).

Sebuah pesan akan muncul yang menginformasikan bahwa kamu berada dalam resiko bahaya jika mengaktifkan Developer Options. Kamu perlu untuk tetap menekan “OK” agar bisa terus lanjut. sekarang kamu bisa melihat opsi Switc System UI Style di bagian paling atas deretan menu Developer Option dan cukup tap “Switch System UI Style”.

cara nonaktifkan vibe UI

Kamu akan melihat opsi yang akan memungkinkanmu untuk berpindah dari Lenovo Vibe UI ke Google Stock Android UI dan begitu juga sebaliknya. Dari sini, kamu harus memilih “Switch to Google UI Style” yang berada pada bagian paling bawah setting. Sebuah pesan akan muncul memintamu apakah kamu mau merestart perangkatmu, dan kamu harus melakukannya karena itu cara satu-satunya agar settinganmu bisa tersimpan. Ketika ponsel sudah reboot kamu akan disambut oleh interface Stock Android.

Jika kamu ingin kembali ke lenovo Vibe UI maka kamu tinggal melalui langkah-langkah yang sudah diatas, kecuali tidak perlu lagi untuk mengaktifkan Developer Option. Kamu hanya tinggal memilih “Switch to Lenovo UI” sebagai ganti dari opsi Switch to Google UI style. Bagaimana? Cukup mudah bukan ??? Selamat Mencoba!

Perhatian : Metode ini sudah dipraktekkan pada Lenovo Vibe Z2 Pro, namun jika ternyata kamu tidak melihat pengaturan ini pada ponsel Lenovo milikmu, maka ada kemungkinan fitur tersebut masih belum bisa diakses di ponselmu.

Comments on this entry are closed.