Cara Menulis Rumus di Microsoft Word 2007

by Siti Eka Kurniati on July 28, 2015

Berikut adalah tutorial bagaimana cara menulis / memasukkan rumus/aquation/persamaan/formula matematika pada Microsoft word 2007. Bagi kamu yang lagi ngerjain skripsi dan harus masukin rumus-rumus matematika atau bagi kamu yang seorang pengajar yang harus bikin soal matematika beserta rumus-rumusnya, panduan cara menulis rumus di Microsoft word 2007 ini mungkin bermanfaat bagi kamu.

Cara Menulis Rumus di Microsoft Word 2007

Dalam tutorial kali ini kita akan memanfaatkan tool Equation pada menu Insert. Dalam tool Equation kita bisa menggunakan rumus yang sudah ada atau bisa juga membuat rumus baru. Mau tau caranya? Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Kalau kamu sudah membuka aplikasi Microsoft Word 2007, kamu tinggal klik menu Insert lalu klik pada tool Equation. (anak panah di bawah tool equation menampilkan rumus yang telah diberikan oleh pihak Microsoft)
  • Jika kamu mengklik tool itu, di lembar kerja akan muncul bagian area yang akan kita gunakan untuk menulis rumus. Di toolbar juga akan otomatis menampilkan struktur dam symbol yang bisa kita gunakan untuk menulis rumus.
  • Pada bagian struktur itulah kita bisa memilih rumus mana yang akan kita gunakan. Kamu bisa membuat sigma, perpangkatan, akar pangkat, integral, sin cos tan atau bahkan matrik.
  • Yang pertama kita akan jelaskan adalah cara menulis pecahan dengan tool fraction. Klik pada symbol Fraction. Kamu bisa memilih pecahan model seperti apa yang akan kamu gunakan. Pecahan bisa juga berbentuk aljabar atau melibatkan phi. Untuk memilihnya kamu bisa langsung mengklik pada model dan otomatis rumus akan muncul pada area yang telah di tampilkan pada awal saat kita mengklik tool Equation.
  • Untuk mengisinya, kita tinggal mengklik pada kotak kecil dengan border titik-titik dan mengetikkan angka yang ingin kita inputkan.
  • Untuk membuat perpangkatan, kamu bisa memanfaatkan fungsi tool script, seperti tadi, kamu bisa memilih jenis perpangkatan yang mana yang ingin kamu gunakan dengan mengklik pilihan yang ada dan secara otomatis rumus itu akan muncul di area khusus seperti tadi.
  • (Tips : sebenarnya kamu bisa langsung menggunakan fungsi script dengan menekan beberapa tombol di keyboard seperti tanda pangkat ^ untuk superscript dan underscore _ untuk subscript
  • Untuk menulis rumus angkar pangkat kamu bisa menggunakan tool Radical
  • Cara penggunaan tools di bagian struktur hamper sama semua, kamu tinggal pilih rumus mana yang kamu butuhkan lalu mengisikan nilai pada kotak dengan border (tepi) titik-titik dengan yang kamu inginkan.

Comments on this entry are closed.