Cara Menyalakan Safe Mode di Android

by Ummy Tsabit on November 22, 2015

Apa kamu pernah mendengar istilah ‘Safe mode’ di Android? Dengan menerapkan safe mode pada ponsel Android, sistem operasi akan booting ke dalam konfigurasi originalnya tanpa memuat satupun software dari pihak ketiga. Sehingga, sistem operasi akan kebal terhadap setiap file yang buruk atau corrupt dan kamu bisa dengan aman menyingkirkan mereka semua dari ponselmu.

Safe mode biasanya diaktifkan jika ada kemungkinan aplikasi pihak ketiga yang bisa merusak sistem operasi atau mengalami malfungsi, dan adanya error yang serius dengan aplikasi tersebut. Yang perlu kamu ingat adalah, dengan mengaktifkan safe mode, maka kamu tidak akan bisa menjalankan aplikasi apapun yang tidak langsung terinstall di perangkatmu (bukan aplikasi bawaan ponsel).

menyalakan safe mode

Untung saja, kamu bisa dengan mudah untuk masuk dan keluar dari Safe mode ini. Dan ada kalanya juga dalam beberapa kasus Android akan secara otomatis masuk ke safe mode saat mendeteksi adanya suatu masalah. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah untuk memperbaiki adanya kesalahan tersebut dengan masuk ke safe mode, lalu setelah itu booting kembali ke Normal mode. Pada tutorial kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara masuk atau menyalakan safe mode menggunakan beberapa metode yang berbeda :

Cara masuk / menyalakan safe mode

Sebenarnya ada dua metode mendasar yang berbeda untuk menyalakan safe mode secara manual. Kamu bisa mengakses safe mode dari menu Power (yang didukung oleh merek ponsel tertentu) atau dengan menekan tombol volume sementara ponsel sedang booting. Ketika ponsel masuk ke safe mode, kamu akan bisa melihat tag “safe mode” tertulis di bagian bawah layar, yang akan mengkonfirmasi bahwa kamu sedang dalam safe mode.

Ponsel Androidmu juga bisa masuk ke safe mode secara otomatis jika sistem operasi mengalami corrupt atau ada aplikasi yang mencegahnya untuk booting secara normal. Jika kasusnya seperti itu (sistem operasi secara otomatis masuk ke safe mode), maka akan sedikit sulit jika kamu kemudian ingin keluar dari safe mode.

Metode 1 : gunakan Menu Power untuk masuk ke Safe mode

Tekan dan tahan tombol ‘Power’ selama 2 detik, dan menu power akan terbuka. Dari menu power ini, tekan dan tahan ‘Power Off’ sampai kamu melihat sebuah pesan yang mengkonfirmasi apakah kamu ingin masuk ke Safe mode atau tidak. Cukup tekan “OK” dan ponselmu akan mati kemudian reboot dalam safe mode.

Catatan : Metode ini hanya bekerja pada beberapa merek ponsel tertentu, dan tidak akan bisa bekerja pada semua merek ponsel Android, terutama Android dengan versi yang lama. Secara umum, metode ini akan bekerja pada ponsel HTC, Huawei, LG dan Motorola.

Metode 2 : masuk ke safe mode ketika Booting

Tekan dan tahan tombol ‘Power’ selama sekitar 2 detik, dan dari Menu Power, tekan ‘Power off’ dan beri konfirmasi pada pesan yang meminta untuk mematikan ponsel. Kamu juga bisa menekan dan menahan tombol ‘Power’ selama sekitar 5 detik untuk mematikan ponsel secara langsung.

Begitu ponsel sudah mati sepenuhnya, tekan dan tahan tombol ‘Power’ lagi untuk menyalakannya. Segera setelah ponsel menyala, tekan dan tahan tombol ‘volume down’ atau kedua tombol volume up dan down (tergantung dari merek ponselnya). Terus tahan tombolnya sampai ponsel menyala sepenuhnya, dan kamu akan melihat adanya tulisan ‘Safe mode’ yang tertera di bagian bawah layar.

Sekarang, kamu sudah berada di safe mode dan kamu bisa membuat semua perubahan yang diperlukan. saat kamu sudah selesai, cukup restart kembali ponsel dan ia akan booting secara normal kembali.

Metode 3 : menggunakan panel notifikasi

Hal ini merupakan cara tercepat dan termudah untuk masuk dan keluar dari safe mode, jika memang ini terdapat dalam ponselmu. Caranya, cukup periksa panel notifikasi, dan jika di situ ada ikon safe mode, maka kamu tinggal men-tap ikonnya untuk masuk atau keluar dari safe mode dengan cepat.

Comments on this entry are closed.