Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Dengan Nova Launcher

by Ummy Tsabit on April 4, 2016

Tidak semua aplikasi yang kita miliki layak mendapat jatah tempat di app drawer. Mungkin ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak ingin kamu gunakan, atau ada beberapa aplikasi yang kamu ingin orang lain tidak melihatnya. Untuk itu, jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi tertentu dari app drawer perangkat Androidmu, maka berikut akan kami ulas cara menyembunyikan aplikasi Android dengan menggunakan Nova Launcher :

Cara menyembunyikan aplikasi dengan Nova Launcher

Jika kamu sudah menginstal dan memasang aplikasi Nova Launcher, maka menyembunyikan aplikasi menggunakan Nova Launcher bisa sangatlah mudah dan sederhana. Namun perlu diingat, kamu perlu menggunakan aplikasi Nova Launcher Prime (dengan harga sekitar Rp.65.000,- di Google Play Store) untuk bisa memanfaatkan fitur istimewa ini. Tindakan ini hanya akan menyembunyikan aplikasi yang ada di app drawer.

Pertama-tama, masuk ke menu setting dari Nova Launcher, baik dengan cara menekan yang lama pada home screen dan memilih ikon ‘Setting’ di pojok kanan bawah, atau dengan cara pergi ke app drawer dan men-tap ikon “Nova Setting”.

Dari sana, tap opsi ke dua di menu, yakni “App & widget drawers”. Ada beberapa opsi di sini, namun kamu harus menggulirnya terus hingga ke bawah. Di bagian “Drawer groups”, pilih opsi “Hide apps”.

Lalu, pilih semua aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan cara mencentang kotak check d samping setiap nama aplikasi.

aplikasi nova launcher

Saat kamu sudah selesai memilih semua aplikasi yang ingin disembunyikan, maka pencet tombol ‘back’ yang berupa anak panah di bagian kiri atas, atau cukup dengan menekan tombol ‘Home’ untuk kembali ke home screen. Dan selesai! Semua aplikasi yang sudah kamu pilih, kini tidak akan muncul di app drawer kembali.

Cara mengkases aplikasi yang sudah disembunyikan

Jika ikon aplikasi sudah tidak ada lagi baik di home screen atau app drawer, maka kamu mungkin saja bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan jika ternyata suatu saat kita butuh untuk mengaksesnya. Kamu bisa kembali lagi mengikuti langkah yang sudah disebutkan di atas, namun pada menu “Drawer groups”, pilih unhide apps, dan cara ini akan sedikit ribet. Untuk lebih mudah dalam mengakses aplikasi yang tersembunyi, maka ikuti langkah berikut ini ;

  • Jika kamu menggunakan app drawer bergaya Android Marshmallow di Nova Launcher, maka menggeser ke bawah di bagian drawer akan memunculkan serach bar dan menu “Recently install or updated” app. Meskipun ikon aplikasi tidak muncul di drawer, namun kamu masih bisa mencarinya di serach bar dan membukanya dengan cara tersebut. Sangat mudah bukan?

Cara mengakses semua aplikasi tersembunyi sekaligus

Jika kamu akhirnya lebih memilih untuk menampilkan semua aplikasi tersembunyi, maka ada juga cara cepat dan praktis untuk melakukannya. Namun, kamu perlu untuk terlebih dulu mengaktifkan antarmuka tabulasi app drawer Nova.

Untuk melakukannya, kembali ke menu Setting Nova, lalu tap opsi “App & widget drawers” kembali.

Gulir ke bawah hingga tiga perempat daftar menu, hingga kamu melihat bagian “Tab bar”. Aktfikam Tab bar dengan cara menggeser tombol pengaktifan ke kanan. Warnanya akan menjadi oranye saat diaktifkan, abu-abu saat tidak aktif.

Kamu juga bisa mengubah gaya tabulasi dengan menggunakan entri tepat di bawah Tab Bar dimana opsi-defaultnya berupa “Colorblock,” tapi lebih baik ganti dengan “Material,” karena terlihat lebih bersih dan lebih minimalis.

Saat Tab Bar sudah diaktifkan, kamu bisa keluar dari menu ini dan kembali ke home screen. Kembali ke app drawer, kamu akan menyadari adanya fitur baru di bagian atasnya : di tab yang harusnya terbaca “Apps”, jika kamu menekan lama pada tab ini, maka menu kecil akan muncul dengan dua osi : “Show hidden apps” dan “edit”.

Aktifkan opsi “Show hidden apps” untuk secara instan membuat aplikasi tersembunyimu untuk bisa muncul kembali. Sebuah tanda kecil akan muncul di sebelah kata “Apps” untuk menunjukkan bahwa aplikasi tersembunyi saat ini sedang ditampilkan. Ulangi proses yang sama untuk menyembunyikan aplikasimu lagi, kali ini dengan cara hilangkan tanda centang pada kotak centang.

Comments on this entry are closed.