Cara menyembunyikan Developer Option di Android

by Ummy Tsabit on November 19, 2015

Sudah sama-sama kita ketahui bersama, bahwa Android merupakan sistem operasi terbuka yang hadir dengan berbagai fitur dan opsi yang membuatnya lebih bisa untuk digali dan dikostumisasi dibandingkan dengan sistem operasi lain yang beredar di pasaran. Untuk itu, Google mendorong para pengembang untuk ikut terlibat dalam aktivitas pengembangan aplikasi dan game dan telah mengemas banyak tool penting bagi para pengembang di dalam menu Developer Option atau Opsi Pengembang di bagian Setting. Namun, Google telah menyembunyikan opsi ini pada versi Android Jelly Bean (4.2) ke atas.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengaktifkan menu Developer Option dan mengaktifkan USB Debugging dengan mudah menggunakan beberapa trik yang sederhana. Setelah mengaktifkan menu developer option pada perangkat Android, ternyata ada beberapa users yang ingin kembali menyembunyikannya. Ada beberapa pengguna yang melaporkan jika terkadang perangkat Android mereka menjadi kacau balau secara tidak sengaja sebab mengaktifkan salah satu opsi di menu Developers Option. Misalnya saja, jika kamu tidak sengaja mengklik opsi “Show Surface Updates”, maka layar ponselmu akan menjadi semrawut dengan warna-warna cerah yang menari-nari.

Jika kamu merasa lebih aman untuk menyembunyikan Developer Option di perangkat Androidmu, maka kamu bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkah berikut :

Cara menyembunyikan Developer Option di Perangkat Android

Ada dua merode yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan Developer Option di perangkat Android. Cara yang pertama sangat sederhana dan merupakan metode yang lebih banyak dipilih, namun mungkin tidak akan bekerja pada beberapa perangkat seperti Samsung Touch Wiz. Cara kedua adalah metode yang terbukti berhasil namun kamu harus kehilangan seluruh data di perangkatmu.

Metode Pertama : Menghapus setting cache

  1. Pergi ke menu Setting > Apps > All, dan akan tampil semua daftar aplikasi yang kamu miliki.
  2. Temukan aplikasi “Setting” dan buka.
  3. Lalu tap pada opsi “Clear Data” untuk menghapus data dari aplikasi Setting.
  4. Aplikasi Setting akan secara otomatis tertutup, maka jangan keburu panik.

menyembunyikan opsi pengembang

Sekarang buka lagi menu Setting, dan cek apakah Developer Option sudah menghilang ataukah masih ada. Jika ternyata cara ini belum berhasil, maka ikuti metode kedua berikut ini:

Metode 2 : Factory Data Reset

Yang perlu kamu catat adalah, jika kamu memang benar-benar melakukan hal ini, maka seluruh data yang ada di perangkatmu akan terhapus. Jadi, pikir-pikir dulu apakah kamu tetap ingin menghapus semua data hanya demi menghapus satu menu saja. Jika tetap ngotot dan penasaran ingin melakukannya, maka caranya adalah :

  1. Buka menu Setting, dan klik pada opsi Backup and reset.
  2. Pilih opsi Factory data reset dari menu ini.
  3. Terakhir, yakinkan untuk ucapkan selamat tinggal pada data-datamu dengan mengklik tombol Reset Device.

Metode ini akan secara pasti menyembunyikan Developer Option dari menu Setting, namun sebaiknya kamu jangan melakukan factory reset secara penuh kecuali ada alasan kuat untuk menghilangkan menu ini.

Comments on this entry are closed.