Cara Menyembunyikan Foto & Video Di HP Android

by Ummy Tsabit on November 16, 2015

Dengan semakin canggihnya teknologi smartphone, kini kita tidak usah repot-repot lagi menenteng kamera digital ke mana-mana. Cukup dengan membawa smartphone, kita sudah bisa memotret objek dan momen penting dengan kualitas yang tak kalah bagus. Kecanggihan teknologi kamera smartphone kini bisa dikatakan hampir setara dengan kamera digital. Tak ayal, smartphone kini juga menjadi sarana untuk menyimpan berbagai foto dan video pribadi kita.

Jika kamu menyimpan banyak foto di ponsel atau tablet Androidmu, dan sebagian diantaranya merupakan koleksi pribadi yang sangat penting dan rahasia, tentu kamu ingin melindunginya dari keisengan orang-orang yang suka penasaran. Karena, untuk satu atau dua alasan, kamu mungkin akan meminjamkan ponsel ke teman atau keluarga, dan mereka mungkin akan penasaran untuk membuka galeri fotomu dan akan melihat foto-foto atau video bersifat pribadi yang ingin kamu simpan untuk dirimu sendiri. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Caranya sangat mudah. Berikut ini akan kami ulas secara lengkap tentang bagaimana cara menyembunyikan foto pada ponsel Android :

Cara menyembunyikan foto di ponsel Android

Salah satu cara termudah dan sederhana untuk menyimpan foto di HP Android adalah dengan membuat folder khusus untuk meletakkan foto-foto yang kamu inginkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pergi ke fitur File Manager atau File Browser di ponselmu, lalu tap pada Menu (berupa ikon tiga garis vertikal/ hamburger) > Setting, dan nyalakan opsi “Show Hidden Files” atau “Hidden Directories”.
  • Pergi kembali ke halaman File Manager dan klik tombol menu (berupa ikon tiga titik mendatar) dan klik pada “New Folder”.
  • Lalu, kamu harus menamai folder tersebut. Nama folder tersebut harus diawali dengan tanda titik (.) dan untuk akhirannya apakah juga dikasih titik atau tidak, itu terserah padamu. Sebagai contoh, beri nama folder tersebut dengan .myphotos.
  • Saat foldernya sudah dibuat, letakkan semua foto dan video yang ingin kamu sembunyikan di dalam folder tersebut.

Cara Menyembunyikan Foto & Video Di HP AndroidKetika kamu sudah selesai melakukannya, kamu bisa mengakses foto tersebut melalui File Manager, dan menemukan folder yang sudah kamu buat tadi. Kamu bisa membuat agar folder tersebut sepenuhnya tidak terlihat dengan cara : Pergi ke File Mnager, lalu pilih menu Setting dan nonaktifkan opsi “Show Hidden File”. Saat kamu ingin membuka folder tersebut, cukup aktifkan kembali opsi ini.

Jika ternyata kamu belum memiliki aplikasi File Manager yang sudah pre-installed pada smartphone atau tabletmu, kamu dapat mendownload aplikasi File Manager dari Google Play Store seperti ES File Explorer File Manager, File Expert, atau OI File Manager.

Cara menyembunyikan foto dengan aplikasi pihak ke tiga

Pilihan lain untuk menyembunyikan foto di HP Android adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi File Manager yang banyak terdapat di Google Play Store. Aplikasi ini cukup berguna karena kamu bisa menyembunyikan koleksi foto dan video pribadimu dan bisa melindunginya dengan menggunakan password. Diantara aplikasi untuk tujuan ini yang paling polpuler adalah Hide Pictures in Vaulty, Gallery Lock dan File Hider Plus

Fitur unggulan dari Vaulty adalah : Private Gallery, password protection, online backup, mugshot, dan yang lainnya. Sedangkan fitur unggulan di Gallery Lock adalah menyembunyikan foto dan video; Cloud backup-nya didukung oleh Box, Dropbox, dan Google Drive; Jika seseorang mengetikkan password yang salah sebanyak tiga kali, kamera bawaan Android akan mengambil foto dari orang yang jahil tersebut, untuk mengetahui siapa pelakunya.

Selain itu, kamu juga bisa menyembunyikan foto dengan mengguanakn aplikasi Quick Pic yang bisa kamu install dari Play Store. lalu, tekan dan tahan yang agak lama pada gambar atau video yang ingin kamu sembunyikan, lalu tekan tombol menu di bagian pojok kanan atas (berupa ikon tiga titik memanjang).  Lalu pilih opsi Hide. jika ingin menampilkannya lagi, tinggal tekan opsi Show.

Comments on this entry are closed.