Cara Menyimpan & Mendengarkan Lagu Di Android Smartwatch

by Ummy Tsabit on January 22, 2016

Sekarang ini, tak cuma smartphone saja yang jadi primadona, namun gawai pakai atau yang lebih sering dikenal dengan istilah smartwatch juga mulai menjamur di pasaran. Smartwatch menyediakan kepada kita berbagai kenyamanan dan kemudahan, mulai dari mengecek notifikasi  di ponsel dengan hanya melirik pergelangan tanganmu, hingga mengendalikan beberapa fitur  multimedia yang saat ini sedang kamu mainkan. Meski begitu, memang terdapat sedikit keterbatasan penggunaan fitur pada smartwatch jika dibandingkan dengan smartphone.

pemutar lagu smartwatch

Namun, kini telah hadir fitur keren terbaru dari smartwatch yang akan memungkinkanmu untuk menyimpan dan mendengarkan musik langsung dari smartwatch yang kamu pakai. Tentu akan sangat berguna jika kamu gunakan pada saat kamu sedang olahraga, entah itu jogging, bersepeda, atau sekedar diatas trademill. Kamu tidak perlu lagi susah-susah menenteng ponsel dan semua musik favoritmu sudah tersedia di pergelangan tanganmu.

Ada beberapa produk Android Wear yang memiliki penyimpanan internal yang cukup besar. Hal ini akan memungkinkanmu mendownload musik pada perangkat dan melakukan streaming melalui headset Bluetooth secara offline, tanpa harus terhubung ke ponsel. Meski begitu, ada peringatan bagimu jika ingin memanfaatkan  kemampuan ini – hal itu hanya bisa dilakukan melalui layanan Google Play Music. Ini masuk akal, karena Android Wear adalah produk Google. Jadi jika kamu pengguna Google Play Music, maka mari kita bahas bagaimana cara untuk mendapatkan musik langsung ke smartwatch yang kamu miliki ;

# 1. Aktifkan Setting “Download to Android Wear” di aplikasi Google Play

Langkah pertama untuk mengatur agar Android Wear bisa digunakan untuk mendengarkan musik adalah dengan mengaktifkan fitur yang ada di aplikasi Paly Music. Kamu tinggal masuk ke opsi Setting di aplikasi, dan gulir hingga ke bagian bawah. Kamu akan melihat bagian Android Wear disana.

Akan ada dua pilihan, yakni : 1) Download to Android Wear dan 2) Manage Wear downloads. Dengan mengaktifkan Android Wear for offline playback, maka akan mengaktifkan download manager untuk bisa kamu gunakan. Ketika kamu pilih Manage Wear Download, kamu akan dibawa ke bagian Wear Sync, dimana semua proses transfer akan berjalan.

# 2 : Pilih dan Download musik yang kamu inginkan

Sebelum memulai, ada hal yang penting untuk dijelaskan mengenai interaksi ponsel dengan smartwatch. Setelah kamu melakukan langkah pertama (mengaktifkan Download to Android Wear dan Manage Wear downloads), maka setiap jenis musik yang telah kamu download di ponselmu untuk didengarkan secara offline, maka akan secara otomatis mulai ditransfer menuju ke smartwatchmu.

Namun sayang sekali, kapasitas penyimpanan dari smartwatch jauh lebih sedikit daripada ponselmu, dimana rata-rata hanya berkisar antara 2-3 GB saja. Maka tentu ini tidak sebanding dengan musik yang tersimpan di ponselmu. Jika kamu tidak menghentikan proses transfernya, maka sistem akan secara otomatis mencoba untuk melakukan sinkronisasi sebanyak mungkin yang bisa ia lakukan hingga penyimpanan di smartwatch sudah tidak muat lagi. Tentu akan lebih nyaman lagi jika user bisa menentukan sendiri musik yang akan di transfer ke smartwatch sehingga user bisa lebih selektif dengan ketersediaan kapasitas storage yang ia miliki.

Untuk mencegah hal itu terjadi (kelebihan muatan) , maka kamu harus segera meng-uncheck setiap album yang akan mencoba sinkronisasi secara otomatis, yang berada di area Manage Wear Download. Untuk melakukannya, kamu tinggal menyentuh ikon smartwatch yang terdapat di bagian kanan setiap album (dimana warnanya akan menjadi abu-abu ketika itu tidak dipilih). Setelah kamu melakukannya, kamu akan bisa menjadi selektif tentang album mana yang akan dikirim menuju ke smartwatchmu.

Perhatian : smartwatch milikmu tidak akan membiarkanmu untuk mendownload musik jika kapasitas baterainya dibawah 75 %. Sehingga, kamu akan melihat pesan yang memberitahukanmu untuk mengecas smartwatchmu lebih dulu agar bisa melakukan sinkronisasi.

Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah, bahwa proses transfer musik menuju ke smartwatch bukanlah proses yang cepat. Satu album saja, kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Jadi, kamu akan membutuhkan sedikit kesabaran pada tahap ini. Disamping itu, kamu juga harus mengawasi kapasitas pentyimpanan yang masih tersisa karena kamu nanti akan terus melakukan download.

# 3. Pasangkan dengan Headset Bluetooth

Begitu kamu sudah melalui tahap ke 2, dan semua musik yang kamu inginkan sudah berada di smartwatchmu, kini saatnya kamu memasangkan (pairing) headset Bluetoothmu. Kamu tinggal pergi ke aplikasi Play Music pada smartwatchmu, dan cobalah untuk memainkan salah satu musik. Ketika kamu men-tap pada opsi Play on Wear, kamu akan diberitahu bahwa disana tidak ada perangkat yang terkoneksi. Setujui untuk pergi ke Setting dan kamu akan diminta untuk memasangkan perangkat Bluetoothmu.

Jika headsetmu sudah terbiasa terhubung ke ponselmu, maka kamu juga harus terlebih dulu memutuskan pemasangannya atau matikan dulu konseksi Bluetooth di ponselmu, atau jika tidak, maka headsetnya akan terhubung ke ponsel secara otomatis.

# 4. Kamu bisa mulai mendengarkan!

Setelah headset bluetooth sudah terpasangkan ke smartwatch, maka kamu pun sudah bisa mendengarkan musik langsung dari smartwatchmu tanpa menggunakan ponsel.

Aplikasi Play Music akan menunjukkanmu album atau playlist yang tersedia dimana kamu bisa melihatnya dengan mengusapnya dari atas ke bawah. Dengan menyapu ke arah kanan, maka kamu bisa mengacak (shuffle) daftar lagunya atau melihat daftar lagu-lagu yang ada dalam sebuah album. Selama memainkan musik, kontrol standar musiknya hanya dengan menyapu ke kanan dari layar Now Playing.

Comments on this entry are closed.