Cara Merubah File PSD Menjadi JPG atau PNG

by aries on January 8, 2014

Setelah kamu selesai melakukan sebuah pekerjaan dengan Adobe Photoshop, misalnya merubah warna background foto atau membuat foto jadi wallpaper di gambar handphone ataupun yang lainnya, tentunya file yang tersimpan pasti dengan format PSD.

Cara Merubah File PSD Menjadi JPG atau PNG

Nah pertanyaannya adalah, bagaimana cara merubah file PSD menjadi format JPG, PNG dan lainnya. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini;

  1. Klik menu FileSave As, pada kotak dialog yang ditampilkan klik form yang sejajar dengan Format dan pilih tipe JPG. Seperti terlihat pada gambar di atas.
  2. Untuk tempat penyimpanan file JPG tersebut klik My Computer – lalu pilih local disk D, E sesuai keinginan kamu, lalu klik Open dilanjutkan dengan klik Save.
  3. Pada kotak dialog JPEG option, geser tombol ke kanan (jpg dengan kualitas terbaik), geser ke kiri ataupun ke tengah yang berarti jpg kualitas medium. Lalu klik Ok
  4. Untuk menyimpan dengan format PNG lakukan seperti cara No. 1 – 3, hanya saja tipe yang dipilih adalah format PNG.
  5. Pada kotak dialog PNG option pilih Interlaced. Ini artinya sisa background yang terlihat putih ini adalah jenis background transparan. Beda halnya ketika kamu pilih None pada PNG option, sisa background berwarna putih itu nyata berwarna putih, ini sama halnya ketika kamu pilh format JPG.
  6. Untuk membuktikannya, kamu bisa drag foto PNG yang baru saja kamu save as dengan photoshop ke lembar kerja coreldraw. Buatlah kotak yang lebih besar dari pada ukuran foto tersebut kasih warna hitam misalnya. Letakkan foto tersebut di atas kotak tadi, maka sisa background yang tadinya terlihat putih akan jelas menjadi transparan.

Ingat, ini hanya contoh merubah PSD ke JPG dan PNG, dengan contoh ini kamu bisa mengembangkannya merubah file PSD menjadi BMP, TIF dan lain sebagainya. Supaya lebih mudah dalam memahami tutorial ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.