Cara merubah foto hitam putih menjadi warna di Photoshop

by aries on June 27, 2015

Jika kamu membuka jasa edit dan cetak foto, salah satu yang harus kamu kuasai adalah merubah foto hitam putih menjadi warna. Karena terkadang mereka hanya membawa file pas foto yang hitam putih saja.

Cara merubah foto hitam putih menjadi warna di Photoshop

Nah, bagi kamu yang belum tahu bagiamana cara merubah foto hitam putih menjadi warna, berikut ini saya share tutorialnya;

  1. Buka file foto hitam putihmu. Pada panduan kali ini, kami menggunakan pas poto agar lebih mudah. Klik File – Open, buka file fotomu.
  2. Pertama, seleksi dulu backroundnya dengan pen tool (atau kamu bisa juga menggunakan tool seleksi yang lain). Klik kanan, make selection, isi feathernya 1 pixel, klik OK
  3. Buat layer baru, klik add new layer pada panel bagian bawah layer
  4. Isi dengan warna merah, gunakan paint bucket tool dan klik ke lembar kerja (pastikan warna foreground merah / warna yang ingin kamu gunakan). Kamu juga bisa menekan tombol kombinasi Alt+Backspace untuk memberi fill dengan warna foreground yang ada.
  5. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi
  6. Buat layer baru, caranya seperti pada langkah yang kita lakukan tadi, klik thumbnail add new layer pada bagian bawah.
  7. Seleksi pada bagian wajah (pada warna kulit) menggunakan pen tool, klik kanan make selection, pilih feather 1 klik OK
  8. Isi dengan warna kulit (cokelat muda), kamu bisa memilih warna di panel swatches, lalu dengan menggunakan paint bucket tool klik pada lembar kerja.
  9. Ubah blending mode jadi Vivian light dan kurangi opacity nya menyesuaikan gambar
  10. Hapus warna pada bagian mata menggunakan Eraser Tool
  11. Seleksi bagian bibir menggunakan pen tool lagi, seperti biasa, setelah selesai membuat path, klik kanan – make selection – isikan feather dengan nilai 1 – klik OK.
  12. Buat layer baru : Add new Layer
  13. Isi dengan warna merah, langkahnya seperti tadi menggunakan paint bucket tool. Ganti blending menjadi color burn dan kurangi opacity nya
  14. Tekan Ctrl + D
  15. Gunakan eraser tool dengan pengaturan seperti di bawah ini. Hapus pinggiran warna yang melebar.
  16. Tekan Ctrl + D
  17. Buat layer baru
  18. Seleksi gambar dasi, dan isi dengan warna biru keabu-abuan, ubah blending menjadi vivid light dan atur opacitynya.
  19. Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi
  20. Untuk mewarnai obyek lain langkahnya sama, buat layer baru pada tiap obyek, seleksi obyek tersebut dan warnai lalu ubah blendingnya menjadi vivid light serta atur opacitynya.
  21. Hasilnya seperti terlihat pada foto paling atas.

Bagaimana guys.., mudah kan? Jadi kamu tidak perlu edit foto hitam putih jadi warna secara online yang hasilnya belum memuaskan.

Comments on this entry are closed.