Cara merubah ukuran gambar atau foto sesuai kebutuhan

by aries on May 21, 2014

Tutorial corel draw – Cara merubah ukuran foto atau gambar merupakan cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kita akan image tersebut. Karena, terkadang gambar yang kita butuhkan ukurannya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Karena kebutuhan masing-masing berbeda, saya akan asumsikan kebutuhan akan gambar atau foto dibagi menjadi 3. Pertama; mementingkan salah satu dari lebar atau tingginya saja. Kedua; mementingkan kedua-duanya artinya sudah punya ukuran khusus baik dari lebar atau pun tinggi gambar. Ketiga; ukuran foto atau gambar untuk dicetak.

Tutorial Corel Draw - Cara merubah ukuran foto atau gambar

Merubah salah satu dari lebar atau tinggi gambar

Sebagai contoh, blog alltutorial.net membutuhkan sebuah gambar dengan ukuran lebar 456 px, sedangkan tingginya adalah ukuran proporsional saja atau penyesuaian dari lebar tersebut, artinya tinggi dari gambar tidak akan diperhatikan, yang penting gambar tersebut sudah terlihat pantas dan menarik.

  1. buka corel draw, versi apa saja, saya sendiri menggunakan corel draw versi 11.
  2. drag gambar ke area lembar corel draw atau pilih menu FileImport (Ctrl + i) – pilih gambar – Import.
  3. sebelum merubah ukuran gambar, pastikan kamu sudah memilih ukuran sesuai kebutuhan, misalnya pixel, cm, mm, dan lainnya. Dalam hal ini, yang saya butuhkan adalah ukuran pixel. Lihat keterangan gambar di atas.
  4. klik gambar atau foto, pada Object Size ubah lebar menjadi 465. Pastikan Nonproportional scaling tidak kamu klik. Atau ubah tingginya saja jika yang dipentingkan adalah tinggi gambar tersebut.
  5. hasilnya, ukuran lebar akan menjadi 465, sedangkan tingginya juga berubah secara proporsional sesuai dari lebar gambar tersebut.

Merubah gambar dengan ukuran khusus

Sebagai contoh, saya akan membuat gambar dengan ukuran lebar 300 dan tinggi 250. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. drag gambar seperti cara di atas
  2. gunakan Rectangle tool (F6) untuk membuat sebuh kotak, kemudian ubah ukurannya menjadi 300×250. Caranya sama dengan cara no. 4 di atas, hanya saja bagian Nonproportional di klik dan tentunya juga merubah ukuran tinggi menjadi 250.
  3. setelah jadi, klik gambar – pilih menu Effect PowerclipPlace inside container, saat kursor mouse berubah menjadi anak panah, arahkan dan klik pada kotak yang kamu buat tadi.
  4. untuk mengatur gambar, klik kanan pada gambar tersebut – Edit this content – kemudian atur sesuai kebutuhan (kalau kebesaran ya dikecilkan begitu juga sebliknya). Setelah selesai, klik kanan dan pilih finish editing this level.
  5. cara ini langkah-langkahnya sama seperti cara membuat pas foto dengan coreldraw

Ukuran gambar untuk dicetak

Caranya adalah persis seperti cara di atas, yakni membuat kotak persegi panjang dan seterusnya. Yang terpenting adalah kamu harus tahu daftar ukuran foto dari 3R – 20R. setelah itu tinggal kembangkan saja cara di atas.

Dengan cara-cara seperti tutorial di atas, apapun gambar yang kamu inginkan akan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk merubah ke format JPG, PNG dan lainnya, baca tutorialnya pada artikel cara export file CDR ke JPG.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara merubah ukuran gambar sesuai kebutuhan dengan menggunakan corel draw, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.