Cara Merubah Warna Background Foto Dengan Photoshop

by aries on November 29, 2013

Setelah kita membahas tentang cara mengganti background foto, pada tutorial photoshop kali ini kita akan membahas tentang cara merubah warna background foto.

Tutorial Photoshop - Cara Merubah Warna Background Foto

Artinya kita akan membuat sebuah kreasi foto dengan bentuk different color, yaitu membuat warna latar (background) berbeda dengan objeknya (foreground). Different color merupakan implementasi dari dimensi warna yang berbeda, yang bisa dibuat dengan tool dan fasilitas sederhana, namun mampu menghasilkan karya yang cukup menarik. Berikut langkah-langkah cara merubah warna background foto dengan photoshop;

  1. Buka photoshop. karena ini merupakan tutorial photoshop yang sederhana, kamu boleh menggunakan adobe photoshop versi 7, photoshop CS, CS1, CS2 atau pun CS3 dan seterusnya. Saya sendiri menggunakan photoshop CS3.
  2. Drag foto yang akan dirubah warna backgroundnya ke lembar kerja photoshop. Maka di sebelah kiri akan muncul layer ‘Background’.
  3. Gandakan layer background tersebut dengan di drag ke bawah, tepatnya di ‘Create new layer’ maka akan muncul layer baru dengan nama background copy. Karena layer background sudah tidak dibutuhkan, buang saja dengan di drag ke bawah menuju tong sampah.
  4. Klik kanan layer background copy – layer properties, pada dialog yang ditampilkan ganti nama layer background menjadi ‘Si cantik’ misalnya.
  5. Untuk mempermudah dalam menyeleksi background, gunakan Zoom tool dan arahkan antara background dengan objeknya (dua wanita)
  6. Gunakan Polygonal lasso tool untuk menyeleksi background foto dengan objeknya
  7. Setelah selesai, pilih SelectInverse hingga bagian yang terseleksi menjadi terbalik (bagian luar yang terseleksi).
  8. Kemudian pilih menu ImageAdjustmentHue/Saturation. Pada kotak dialog yang ditampilkan, checklist Colorize, kemudian isikan Hue: 61, Saturation: 26, Lightness: +3 lalu klik Ok.
  9. Setelah selesai, akan tampak perubahan warna pada bagian yang terseleksi (backgroundnya), tetapi kedua cewek tetap tidak berubah warnanya.
  10. Untuk mempertajam warna gambar objek (foreground/ kedua cewek) lakukan cara seperti pada no. 10.
  11. Setelah itu, pilih ImageAdjustment –  Curves. Pada kotak dialog yang ditampilkan, lakukan pengaturan pada Output: 145 dan Input: 132. atau geser garis kurvanya seperti terlihat gambar berikut;
  12. Agar foto semakin terlihat artistik buatlah layer baru, caranya; klik ‘Creat new layer’ yang berada di bawah pojok kanan dekat ikon tong sampah.
  13. Setelah itu, klik layer 1 (layer yang baru saja dibuat) lalu pilih menu Edit – Fill. Pada kotak dialog yang ditampilkan isikan Use: black, blending mode: normal.
  14. Buatlah lingkaran dan letakkan ditengah-tengah dengan Elliptical marquee tool
  15. Setelah itu, tekan Ctrl + Alt + D maka akan muncul kotak dialog Father, isikan 95 lalu klik Ok. Kemudian pilih menu EditCut, maka gambar akan menjadi semakin menarik dan artistik dengan sapuan hitam transparan di setiap tepinya seperti terlihat pada gambar paling atas (image result).

Dengan demikian cara mengganti warna background telah usai, supaya lebih mudah dalam memahami tutorial photoshop ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.