Cara Mudah Beli Aplikasi Dengan Telkomsel Billing

by aries on March 19, 2015

Jika kamu ingin membeli game atau aplikasi berbayar terbaik di Play Store seperti Minecraft, Power Amp, atau Titanium Backup, ada kabar baik untukmu. Tepatnya pada bulan Februari yang lalu, Telkomsel telah meluncurkan system pembayaran carrier billing khusus untuk pelanggan setianya, baik yang pra dan pasca bayar yang ingin membeli aplikasi ataupun game dari Play Store.

cara beli aplikasi berbayar pakai pulsa telkomsel

Dengan adanya layanan ini, para pelanggan Telkomsel bisa dengan mudah membeli aplikasi hanya dengan potong pulsa, tanpa harus menggunakan kartu kredit. Tentu hal ini lebih menguntungkan dan praktis bagi pengguna yang kebetulan tidak memiliki kartu kredit. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, maka simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka terlebih dulu Google Play Store, lalu tekan ikon Menu yang ada di pojok kiri atas layar, dan pilih ‘My Account’.
  • Jika kamu termasuk pengguna aktif kartu Telkomsel, maka secara otomatis akan tampil pilihan Enable Telkomsel Billing.
  • Lalu akan muncul jendela notifikasi yang memberitahukan bahwa kamu akan dikenakan biaya atas pesan SMS yang akan dikirim oleh system, lalu tekan tombol Send.
  • Setelah itu, akan muncul jendela yang memintamu untuk mengisi data diri berupa nomer ponsel, nama, dan alamat lengkap. Tekan Save untuk mengakhirinya, lalu tekan Accept sebagai konfirmasi atas data yang telah kamu isi. Setelah itu, proses aktivasi bisa dikatakan berhasil jika kamu sudah menerima pesan SMS dari layanan tadi.
  • Jika kamu ingin membeli aplikasi atau game berbayar, kamu tinggal masuk lagi ke beranda Google Play Store, dan pilih yang kamu inginkan. Pastikan, bahwa pulsa yang kamu miliki mencukupi untuk membeli aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan aplikasi yang kamu pilih, tekan pada label harga yang sudah tertera. Tekan Accept pada jendela yang mengkonfirmasi permintaan pengiriman data pribadi, dan akan tampil pilihan pembayaran.
  • Tekan Payment Methods untuk memastikan bahwa akun Telkomsel sudah aktif dengan adanya tanda centang. Tekan tombol fisik Back untuk kembali ke menu sebelumya. Lalu tekan ‘Buy’.
  • Aplikasi pilihanmu akan menanyakan password dari akun Google yang kamu miliki untuk memastikan bahwa pembelian ini benar adanya. Hal ini juga untuk menghindari kemungkinan adanya orang lain yang menggunakan akunmu untuk membeli aplikasi. Setelah memasukkan password, tekan tombol Confirm.. selanjutnya kamu tinggal mengunduh dan memasang aplikasi berbayar tersebut, dan secara otomatis akan memotong pulsa Telkomsel-mu.

Itu tadi cara untuk mengaktifkan Carrier Billing Telkomsel. Lalu, bagaimana caranya jika kamu ingin menghapus akun Telkomsel dari metode pembayaran Play Store? Berikut ini adalah caranya :

  • Masuk ke Play Store > Menu > My Account. Tekan Edit Payment Method.
  • Kamu akan diarahkan ke peramban dan masukkan akun serta password dari Google-mu. Tekan Accept lalu Continue untuk konfirmasi.
  • Tekan akun Telkomsel yang kamu punya, lalu pilih Remove. Untuk konfirmasi, tekan Yes, remove it. Maka akun Telkomselmu tidak bisa lagi digunakan sebagai alat pembayaran dengan metode potong pulsa.

Comments on this entry are closed.