Cara mudah downgrade aplikasi Android

by aries on October 4, 2014

Setiap aplikasi pasti selalu melakukan pembaruan dan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan dan mempermudah para user. Bisaanya, para pengembang akan menyarankan pembaruan (update) jika ada penambahan fitur-fitur baru ataupun perbaikan.

Namun, tidak semua rencana tadi bisa berjalan dengan mulus. Pada beberapa aplikai yang diperbarui, bukannya kinerjanya lebih baik malah justru menurun bahkan malah menyebabkan eror. Jika kamu menyesal dan kurang sreg dengan aplikasi yang diupgrade, dan ingin menurunkan ke versi sebelumnya (downgrade), ada beberapa trik khusus agar aplikasi tersebut bisa diturunkan ke versi sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Downgrade melalui Android

Meski tidak semua, namun ada beberapa aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengahpusan update secara langsung, diantaranya adalah Facebook. Untuk downgrade Facebook, prosesnya cukup mudah, yaitu:

Cara mudah downgrade aplikasi Android

Masuk ke menu Settings>Device>Apps>Facebook, lalu tekan. Pada pilihan paling atas akan muncul tulisan Uninstall Updates. Tekan tombol ini dan secara otomatis kamu bisa kembali ke versi Facebook sebelum terpasang versi updatenya.

Downgrade aplikasi Android dari situs pihak ketiga

Jika aplikasi yang ingin kamu downgrade tidak mneyediakan pilihan downgrade secara otomatis seperti cara yang pertama, solusi lainnya adalah dengan mengnjungi situs pihak ketiga yang menawarkan aplikasi dengan versi lawasnya. Salah satunya adalah Xeeapk, namun kamu terlebih dahulu harus melakukan beberapa pengaturan pada system Android yang kamu gunakan:

  • Hapus terlebih dahulu aplikasi yang akan didowngrade supaya kamu bisa memasang aplikasi versi lamanya secara utuh. Caranya, masuk ke menu Settings>Device>Apps. Tekan aplikasi yang akan kamu hapus dan pilih Uninstall.
  • Untuk proses instalasi dari luar Google Play Store harus membutuhkan pengaktifan fungsi keamanan agar system bisa melakukan penginstalan file APK. Caranya, masuk ke Settings>Security. Beri tanda centang pada Uknown Sources untuk memperbolehkan penginstalan aplikasi dari pihak ketiga. Klik OK untuk konfirmasi.

Setelah kamu mengakses situs Xeeapk, kamu bisa langsung melakukan penginstalan langsung dari Android maupun computer PC. Jika kamu melakukannya melalui Android, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka peramban yang bisa kamu gunakan, dan masuk ke alamat: http://xeeapk.com. Cari aplikasi yang ingin kamu downgrade. Contoh: ketikkan Whatsapp pada kolom Search, lalu tekan Go.
  • Hasil pencarian yang keluar, akan menampilakn seluruh aplikasi Whatsapp dalam berbagai versi. Teliti kode versi aplikasi yang ingin kamu gunakan. Lalu, tekan aplikasi tersebut dan tunggu proses selanjutnya.
  • Geser terus ke bawah hingga muncul Link Download-nya, unduh.
  • Setelah itu, arahkan ke folder tempat untuk menggunakan file APK tadi dengan menggunakan File Manager. Tekan file APK tadi dan akan muncul jendela untuk penginstalan. Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Jika kamu menggunakan komputer untuk melakukan instalasi aplikasi versi terdahulu, maka berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka peramban desktop dan masuk ke situs Xeeapk. Cari aplikasi yang kamu inginkan, setelah ketemu klik download dan simpan file APK nya.
  • Hubungkan Android dengan komputer dan pastikan drivernya sudah terpasang.
  • Copy file yang telah diunduh dan letakkan (paste) pada folder di Android.

Cabut kabel dan buka file yang kamu paste kan tadi untuk melakukan instalasi seperti pada versi Android yang telah disebutkan diatas.

Comments on this entry are closed.