Cara Mudah Koneksikan Ponsel Android ke PC Tanpa Kabel USB

by Ummy Tsabit on October 16, 2015

Jika selama ini, kamu harus menggunakan kabel USB untuk mengkoneksikan smartphonme ke PC, kini kamu sudah tidak perlu lagi menggunakannya. Saat ini sudah hadir aplikasi AirDroid for Android yang akan menggantikan tempat kabel USB mu untuk mengkoneksikan smartphone atau tablet Androidmu ke PC. Entah itu untuk tujuan mentransfer file smartphone dari dan ke PC, mengirim pesan SMS, memainkan musik, melihat koleksi foto, dan mengatur aplikasi menggunakan web browser atau desktop klien, semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi ini.

ulasan airdroid

Yang paling menarik adalah, kamu bisa mendapatkan aplikasi keren ini secara gratis (free). Ia bisa berfungsi sebagai web server, memungkinkan perangkat Androidmu dan komputermu untuk saling berkomunikasi melalui jaringan.

Cara menjalankan Air Droid

Kamu bisa mendownload Aird Droid secara gratis di Google Play Store. Untuk bisa mentransfer antar perangkat Android dan PC milikmu, kamu harus melakukan pendaftaran (sign up) untuk mendapatkan akun gratis. Hal ini juga akan memungkinkanmu untuk menggunakan AirDroid melalui jaringan Internet, bukannya hanya melalui Wi-Fi saja. Saat kamu membuka aplikasi untuk pertama kalinya, kamu akan diminta untuk sign in atau sign up. Jika kamu tidak sign up menggunakan browser, kamu bisa melakukan sign up melalui akun gratismu dari layar ini. Setelah kamu sign up untuk mendapatkan akun gratis, lalu lakukan sign in ke akunmu tadi di aplikasi AirDroid.

Setelah kamu sign in, akan muncul tampilan kotak dialog yang memungkinkanmu untuk mengaktifkan fitur-fitur yang akan memungkinkanmu untuk bisa melihat semua aplikasi dan notifikasi sistem dari ponselmu pada layar PC secara real time. Untuk menyalakan fiturnya sekarang, tekan menu “Enable”. Kamu juga bisa menyalakan fiturnya nanti dalam menu setting.

Jika kamu sudah men-tap “Enable”, maka layar “Notification acces” akan tampil. Tap pada kotak centang “AirDroid Notification Mirror Service”. Jika kamu menekan menu “Later”, kamu bisa melewati dua langkah selanjutnya. Sebuah kotak dialog konfirmasi akan tampil, tap “OK”.

Akan ada tanda centang pada kotak centang di “AirDroid Notification Mirror Service” yang mengindikasikan bahwa layanannya sudah menyala. Tekan tombol “Back” pada perangkatmu untuk kembali ke aplikasi AirDroid. Pada apliksi AirDroid, akan tampil sebuah alamat situs.

Buka browsermu dan pergi ke URL yang tertera. Antarmuka utama situs AirDroid dan kotak dialog akan terbuka, memungkinkanmu untuk sign in jika kamu sign up untuk akun gratis. Untuk mengkoneksikan PCmu dengan perangkat Androidmu, tap pada QR code di aplikasi AirDroid pada perangkat Androidmu. Kamera akan diaktifkan. Arahkan kamera ke QR code pada layar PC dibagian bawah “Scan QR code”. Perangkatmu secara otomatis akan membaca QR code tersebut dan terhubung ke PC.

Jika kamu terhubung melalu jaringan yang sama, aplikasi AirDroid terhubung menggunakan “Local Connection Mode”. Jika perangkat Android dan PC mu tidak terhubung ke jaringan lokal yang sama, namun sama-sama terhubung ke internet, aplikasi Air Droid terhubung dalam “Remote Connection Mode”.

Layar utama AirDroid di Browsermu

Saat kamu sudah terhubung, kamu akan melihat halaman utama AirDroid, yang terdiri dari link dan statistik tentang perangkatmu. Pada sudut kanan bawah, kamu akan melihat kekutan koneksi via Wi-Fi, sinyal cakupan seluler, dan level baterai dari perangkat Androidmu. Setelah itu, kamu bisa melakukan trnasfer data, mendengarkan koleksi musik, hingga mengetik SMS melalui PC mu tanpa harus menggunakan kabel USB lagi.

Kamu bisa melihat lebih banyak detil tentang ponselmu dengan mengklik tombol “Detail” di bagian pojok kanan atas dari layar. Sebuah kotak dialog akan muncul dan menampilkan lebih banyak informasi mengenai penyimpanan perangkatmu dan file yang terdapat didalamnya. Klik tanda (X) di bagian pojok kanan atas untuk menutupnya.

Cara memutuskan hubungan (disconnect) perangkatmu dan PC

Saat kamu sudah selesai menggunakan Air Droid, kamu bisa mendiskonek perangkatmu dan PC dengan cara melakukan sign out di browser. Kamu juga bisa disconnect dengan cara men-tap tombol “Disconnect” di aplikasi AirDroid. Untuk menutup aplikasi AirDroid, tap tombol menu (berupa ikon tiga titik) di pojok kanan atas pada layar dan pilih “Exit”.

Jika kamu menggunakan aplikasi AirDroid versi desktop, kamu bisa melakukan disconnect dengan cara mengklik kanan pada ikon AirDroid pada tirai notifikasi dan pilih “Sign Out” dari menu pop up.

Itu tadi, sekilas tentang bagaimana cara menghubungkan ponsel Android ke PC tanpa menggunakan kabel USB menggunakan aplikasi AirDroid. Pada bahasan berikutnya, kami akan mengulas tentang fitur-fitur yang terdapat pada Air Droid, jadi jangan ke mana-mana!

Comments on this entry are closed.