Cara mudah melacak lokasi Windows Phone yang hilang

by aries on September 8, 2014

Tidak mengetahui dimana tempat meletakkan smartphone karena terlalu sibuk atau memang memiliki sifat pelupa, tentu sangat menyebalkan. Apalagi kalau ternyata smartphone tersebut hilang karena dicuri atau ketinggalan disuatu tempat. Kita harus selalu siap sedia pada kemungkinan terburuk. Jika kamu memiliki salah satu produk Windows Phone seperti halnya merek Nokia seri Lumia, ataupun LG seri Nexus, sudah tersedia aplikasi bawaan ‘Find My Phone’ yang berfungsi untuk melacak lokasi Windows Phone milikmu. Bagaimana cara kerja dari aplikasi tersebut? Berikut adalah pemaparan lengkapnya:

Cara mudah melacak lokasi Windows Phone yang hilang

  1. Menampilkan lokasi Windows Phone di peta

Terlebih dahulu, kamu harus mengaktifkan fitur Find My Phone dengan cara masuk ke menu Setting<System<Find My Phone. Jika kamu ingin mengetahui dimana lokasi smartphonemu, maka kamu harus terkoneksi dengan internet dan fitur ‘Location’ juga harus dalam keadaaan aktif. Lalu, nyalakan computer dan gunakan peramban. Lalu pergi ke alamat www.windowsphone.com dan lakukan login dengan menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan pada smartphonemu. Pada menu My Phone, pilihlah Find My Phone, lalu ikuti perintah yang ada untuk memberikan informasi seputar smartphonemu. Pada menu Find My Phone kamu akan diminta mengisikan wilayah dan nomor telepon yang kamu miliki setelah semua terisi, beri tanda centang pada perjanjian dibawahnya. Klik ‘Done’ untuk menyudahi.

Klik Find My Phone sekali lagi, dan tunggu proses pencariannya sebelum aplikasi bisa menemukan lokasinya. Setelah ketemu, kamu bisa mengubah tampilan lokasi melalui tifa pilihan, Road, Automatic, dan Bird’s Eye. Kamu pun bisa memperbesar lokasi smartphone dengan menekan tanda + atau – .

  1. Menemukan lokasi smatphone melalui suara

Jika kamu ingin cara yang cepat dan instan, biasanya kamu tinggal melakukan miscall agar smartphone berbunyi sehingga lebih mudah ditemukan. Itu tidaklah sulit jika smartphone dalam keadaan Normal Mode. Lalu bagaimana jika smartphone dalam keadaan Silent? Tentu kamu akan susah mencarinya. Dengan adanya fitur Find My Phone, smartphone milikmu akan tetap mengeluarkan suara meski dalam keadaan Silent.

Caranya, pergi ke alamat www.windowsphone.com , lakukan login menggunakan akun yang sama dengan smartphonemu. Klik menu My Phone<Find My Phone<Ring. Aplikasi akan mengirim perintah untuk mengaktifkan suara dan getar pada smartphonemu meski sedang dalam posisi Silent.

  1. Mengunci dan menampilkan pesan pada smartphone

Jika dengan menggunakan dua cara diatas, smartphone masih belum juga ditemukan, ada kemungkinan smartphone tertinggal di suatu tempat. Sebagai langkah antisipasi, kamu bisa mengunci smartphone dan meninggalkan pesan pada layer Home Screen. Dengan begitu, tidak akan ada orang yang bisa mengutak atik smartphonemu, dan siapa tahu jika ditemukan orang yang baik hati, orang tersebut membaca pesan yang kamu kirim dan mau mengembalikannya.

Caranya, pergilah ke alamat www.windowsphone.com. Pilih menu MyPhone<Find My Phone<Lock. Lalu akan muncul kolom yang nantinya bisa diisi dengan pesan yang akan kamu kirimkan dan akan terbaca oleh orang yang menemukannya. Masukkan pula 4 digit angka untuk meng-unlock, serta aktifkan Ring the phone as I lock it. Tekan sekali lagi menu ‘Lock’ untuk mengaktifkannya. Setelah itu, secara otomatis akan mengunci smartphone dan mengirimkan pesan yang telah kamu buat.

  1. Menghapus data

Jika kamu khawatir data-data pribadi yang penting dalam smartphone akan disalahgunakan oleh orang lain, kamu juga bisa menghapus data tersebut dari jauh. Data ini akan dikembalikan jika sebelumnya kamu telah mem-back up data tersebut dan telah tersimpan dalam One Drive. Cara menghapusnya, masuk ke situs resmi windows phone dan lakukan login. Pilih menu My Phone<Find My Phone<Erase. Sebelum semua terharus, kamu akan terlebih dahulu dikonfirmasi untuk melakukan hal tersebut. Beri tanda centang pada dua kolom yang ada jika kamu sudah yakin. Lalu tekan Erase untuk menghapus data.

Sedia payung sebelum hujan. Tidak ada salahnya kamu melakukan antisipasi sebelum kejadian buruk terjadi menimpa smartphone kesayangan. Back up semua data yang kamu miliki dengan cara masuk ke Settings<Backup. Aktifkan semua pilihan yang ada dengan mengaturnya pada posisi ON.

Catatan:

Aplikasi ini (Find My Phone) mirip dengan fitur “Kill Switch” yang merupakan teknologi terbaru dari LG G3 ataupun “Phone Finder” yang dimiliki oleh Huawei Honor 3C.

Comments on this entry are closed.