Cara Mudah Mengatasi Video Instagram yang Tidak Bisa Diputar

by Yaniar Asmara on March 28, 2018

Sebagaimana yang kita tahu, instagram merupakan aplikasi media sosial berbasis foto dan video yang sangat popular saat ini. Bahkan bisa dibilang hampir semua remaja, mempunyai akun instagram di smartphonenya. Dan bukan hanya dijadikan sebagai aplikasi hiburan, atau bersosialisasi saja, namun faktanya instagram juga banyak dijadikan untuk mencari uang.

Bicara mengenai instagram, salah satu hal yang sering terjadi dan cukup mengganggu adalah saat sedang asyik-asyiknya menonton, tiba-tiba video berhenti. Nah, jika sudah begitu, bagaimana solusinya?

Tips Mengatasi Video Instagram yang tidak Bisa Diputar

Untuk mengatasi masalah video instagram yang tidak bisa diputar ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Nah berikut ini adalah step by stepnya. Silahkan disimak

  • Bersihkan Cache pada Smartphone Anda

Chace memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cache ini digunakan untuk meningkatkan perpindahan data yang sudah penah diakses dalam smartphone, sehingga apabila ada data yang diakses kembali akan menjadi lebih cepat. Oya, perlu diketahui, kebanyakan aplikasi pada smartphone akan menghasilkan cache.


Namun cache bisa membuat memori penuh dan smartphone menjadi melambat. Banyaknya file sampah dari cache juga dapat menghambat aktivitas smarthphone termasuk memutar video di Instagram. Oleh karena itu, anda harus melakukan pembersihan cache secara rutin. Bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah. Pertama-tama anda menuju menu Pengaturan > Aplikasi > Instagram > Hapus data / Hapus Cache. Atau anda juga bisa menghapusnya dengan menggunakan aplikasi sejenis Clean Master  Ccleaner.

  • Cek Koneksi Internet pada Smartphone Anda

Video yang dapat di unggah ke Instagram hanya berdurasi satu menit. Namun begitu, bukan berarti tidak butuh koneksi internet yang stabil untuk memutar video tersebut. Jadi pastikan saat membuka instagram, terlebih saat memutar video anda harus mempunyai koneksi internet yang stabil. Jika tidak, maka video yang anda putar akan putus-putus, bahkan mungkin tidak bisa sama sekali.

Idealnya cek juga sisa paket kuota data internet anda, agar nantinya saat membuka instagram bisa lancar. Bila perlu, kami sarankan untuk menggunakan jaringan Wifi bila jaringan internet anda kurang meyakinkan.

  • Aktifkan Preload WiFi Only

Seperti telah disarankan di cara sebelumnya, anda lebih baik menggunakan koneksi WiFi saat memutar video Instagram. Untuk memudahkan anda, sebaiknya aktifkan pengaturan preload WiFi only. Dengan cara ini, video pada Instagram hanya bisa diputar saat smartphone anda tersambung dengan WiFi. Untuk menggunakan fitur ini, caranya cukup mudah, hanya dengan menekan Profile > pilih tiga titik di sudut atas > videos > ceklist pada pengaturan data usage ‘Preload On WiFi Only’. Mudah bukan?

  • Cek Versi Aplikasi yang Anda Gunakan


Anda sering mengabaikan pemberitahuan pembaruan aplikasi anda? Bisa jadi hal ini yang menyebabkan video pada Instagram anda tidak dapat diputar. Penggunaan versi lama dari sebuah aplikasi akan membuat kinerja aplikasi menjadi lambat. Begitupun yang terjadi pada aplikasi instagram. Jadi, solusinya adalah dengan memperbarui aplikasi secepatnya setelah tersedia versi baru.

  • Menginstal Ulang Aplikasi

Sudah melakukan pembaruan namun video di Instagram tidak dapat diputar? Tenang, anda bisa melakukan tips selanjutnya. Yaitu dengan menginstal ulang aplikasi Instagram dalam Play Store atau App Store smartphone anda. Karena mungkin, masalah terletak pada aplikasi yang crash dengan system operasi yang berjalan. Jadi, sebaiknya hapus dulu aplikasi Instagram lama anda, lalu instal kembali aplikasi baru dari Play Store. Baru kemudian, cobalah untuk memutar kembali video yang anda inginkan.

  • Restart Smartphone

Jika dengan menginstal ulang aplikasi Instagram tidak bisa menjadi solusi mengatasi video Instagram yang macet, sebaiknya lakukan restart pada smartphone anda. Biasanya dengan melakukan restart, kinerja dari smartphone anda akan lebih ringan daripada sebelumnya.

Demikianlah diatas cara mengatasi video Instagram yang tidak dapat diputar. Lakukan cara-cara diatas satu persatu. Setiap smartphone mungkin akan menghasilkan efek yang berbeda. Ada yang langsung bisa hanya dengan menerapkan tips yang pertama, namun bisa jadi ada smartphone tertentu yang baru bisa memutar video instagram secara lancar setelah menerapkan tips ke empat. Nah, semoga tips diatas bisa menjadi solusi bagi anda.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment