Cara Mudah Mengembalikan Kembali Foto Yang Terhapus di Android

by Ummy Tsabit on August 31, 2015

Pernahkanh kamu mengalami keliru dalam menghapus album foto, atau tida sengaja menghapus semua foto yang ada di Gallery? Tentu rasanya akan sangat menyesal bukan? Apalagi jika foto yang terhapus tersebut adalah foto penuh kenangan dan sangat berati bagimu. Jika kamu mengira kamu tidak bisa mengembalikan lagi foto tersebut, maka kamu keliru! Foto yang telah terhapus, sebenarnya tidak hilang secara total. Yang perlu digaris bawahi, yang terpenting untuk diingat adalah, kamu harus bertindak cepat segera foto itu terhapus agar tidak hilang secara permanen. Ingin tahu bagaimana cara mengembalikan foto yang telah terhapus? Kami akan mengulas langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah pertama :

Matikan sambungan Wi-Fi atau koneksi paket data pada ponselmu. Alasan mengapa hal ini harus dilakukan adalah, saat datamu terhapus, entah itu berupa foto, musik, dokumen, atau yang lainnya, maka itu sebenarnya belum sepenuhnya terhapus hingga ada data yang lain lagi yang ditulis diatasnya (menggantikan tempatnya) di dalam memori perangkat.

aplikasi Dr. Fone

Semua yang pada awalnya dihapus, sebenarnya adalah indeks yang mengarah pada tempat dimana data itu dimulai dalam memori ponselmu. Jadi, selama kamu masih bisa menemukan titik tersebut, maka kamu masih bisa mendapatkan kembali fotomu yang sudah terhapus. Namun, jika data baru telah ditulis diatas tempat dimana foto yang terhapus berada (menggantikannya), maka mereka akan hilang selamanya. Itulah mengapa, update pada waktu yang tidak tepat, bisa menjadi bencana.

Cara mengembalikan foto yang hilang di Android degan aplikasi Dr.Fone

Catatan penting : semua proses ini membutuhkan akses Root pada ponselmu.

  • Downloadlah aplikasi gratis bernama Dr.Fone for Android besutan dari Wondershare yang memiliki kinerja sangat baik ke komputer PCmu. Install, jalankan aplikasi dan lakukan registrasi.
  • Hubungkan smartphonemu ke komputer PC dengan menggunakan kabel USB. Untuk melakukan proses selanjutnya, kamu perlu mengaktifkan terlebih dulu USB Debugging pada ponselmu. Jika opsi ini belum aktif, kamu bisa pergi ke menu Setting > About Phone, lalu tekan pada ‘Build Number’ secara berulang-ulang hingga muncul notifikasi yang menginfokan bahwa Developer Option telah diaktifkan.
  • Lalu kembalilah ke layar Setting utama, kamu akan melihat pilihan Developer Option berada hampir di bawah sendiri, lalu pilih. Gulir settingnya sampai kamu melihat kolom USB Debugging dan centang kolom disampingnya. Kamu akan melihat notifikasi di bagian bawah layar Dr. Fone yang mengatakan bahwa USB Debugging telah dibuka. Bagi perangkat yang menggunakan OS Android Lollipop, kamu perlu untuk memberikan kuasa (otorisasi) pada PC melalui konfirmasi yang akan muncul di ponselmu.
  • Saat Dr. Fone sudah terhubung ke smartphonemu, kamu akan mampu memilih data-data yang terhapus dari kategori-kategori yang tersedia. Pilih bagian foto (gallery). Namun jika kamu juga kehilangan data yang lain seperti musik atau download dan juga ingin mengembalikannya, kamu tinggal mencentang kategori yang kamu mau. lalu tekan NEXT.

pilih foto yang terhapus

 

  • Langkah berikutnya adalah kamu diminta untuk memindai pada file yang terhapus saja atau seluruh file. Jika kamu ingin recovery yang cepat dari gambar yang terhapus agar kamu bisa segera tenang, maka pilih ‘Deleted Files’. Kamu akan perlu untuk menerima konfirmasi kunci RSA pada smartphonemu (untuk lebih mempermudah, centang opsi ‘Always accept’), agar koneksi antara dua perangkat bisa aman dan tentu saja memberikan izin Superuser saat dikonfirmasi.
  • Saat langkah diatas sudah dilakukan, Dr. Fone akan menganalisa ponselmu dan akan me-rebootnya. Jika kamu mendapat pesan pada PC mu yang mengatakan ponselmu sudah terhubung kembali, acuhkan saja. Biarkan saja Dr. Fone yang melakukan semuanya. Dan setiap perintah pada ponsel yang memintakan izin Dr. Fone, maka harus kamu berikan.

    memilih foto yang hilang

  • Saat Dr. Fone sudah selesai menganalisa ponselmu, kamu akan mendapatkan halaman hasil scan dimana kamu bisa mencentang kolom foto atau file lain yang ingin kamu simpan, lalu tekan opsi ‘Recover’ untuk menyudahinya. Dan fotomu yang sudah terhapus bisa muncul kembali.

Comments on this entry are closed.