Cara Remove Mi Cloud Xiaomi

by aries on November 20, 2016

Perkembangan teknologi smartphone Android yang semakin canggih tentu semakin membuat pengguna merasa nyaman dan mudah dalam menjalani aktifitas pekerjaan setiap hari. Perkembangan ini tidak hanya dalam sektor fitur atau fungsinya saja, namun aspek keamanan dari system operasi Android juga ikut berkembang, salah satunya adalah FRP. Kalau Anda belum tau apa itu FRP, sebaiknya simak definisi FRP dan fungsinya sebelum melanjutkan artikel terkait Cara Remove Mi Cloud Xiaomi ini.

Smartphone produk baru, kebanyak sudah menerapkan FRP. Seperti pada Samsung, Lenovo, bahkan smartphone lokal Advan. Sedangkan untuk Xiaomi menerapkan Mi Cloud yang fungsinya sama saja dengan FRP.

Namun sayang, terkadang perkembangan aspek keamanan seperti ini kurang dimengerti oleh sebagian pengguna smartphone Android. Mereka dengan asal membuat akun Google, atau akun Mi Cloud dan tidak mencatatnya. Sehinga suatu saat dalam keadaan tertentu smartphone Android mengharuskan user untuk melakukan verifikasi akun Mi Cloud atau FRP guna aktivasi perangkat (aktivasi Android yang terkunci Mi Cloud atau akun Google) selalu gagal atau tidak bisa gara-gara lupa kata sandi bahkan lupa juga username-nya.

Bicara terkait Cara Remove Mi Cloud Xiaomi, di sini saya akan membuat contoh dua smartphone Xiaomi yang terkunci dengan Mi Cloud.

  1. Xiaomi Mi4i

Mi4i merupakan smartphone produk Xiaomi yang menggunakan chipset Qualcomm. Salah satu cara untuk menghilangkan Mi Cloud pada smartphone tersebut adalah dengan melakukan flash Xiaomi Mi4i menggunakan firmware versi di bawahnya atau istilahnnya adalah downgrade. Artinya, jika Xiaomi Mi4i terkunci Mi Cloud dalam posisi menggunakan ROM MIUI7, berarti kita harus flash dengan firmware ROM MIUI6 atau lebih rendah. Mengenai hal ini, Anda bisa baca cara flash Xiaomi Mi4i yang terkunci dengan Mi Cloud.

Sebenarnya, untuk menghilangkan Mi Cloud Xiaomi ada cara yang lebih simple dengan catatan ponsel Xiaomi tersebut bisa masuk fastboot mode. Caranya adalah dengan menggunakan Miracle Box. Namun sayang saat Xiaomi Mi4i ini datang ke konter pada waktu yang kurang tepat. (Saat itu saya belum punya Miracle Box 🙂 ). Jadi, terkait hal ini nanti nunggu servisan Mi Cloud selanjutnya ya.

  1. Xiaomi Redmi Note 3G

Jika ada Xiaomi dengan ciri-ciri tulisan 2013121 yang ada di balik baterai, itu tidak lain adalah Xiaomi Redmi Note 3G atau HM NOTE 1W dengan chipset Mediatek MT6592. Untuk menghilangkan Mi Cloud Xiaomi Redmi Note 3G tidak bisa menggunakan Miracle Box karena seri NOTE 3G ini tidak support fastboot mode seperti kebanyakan ponsel Xiaomi terbaru. Jadi untuk menghilangkan Mi Cloud Redmi Note 3G dengan cara melakukan flashing. Berikut langkah-langkahnya;

Tool Yang Dibutuhkan

  1. Download SP Flash Tool versi 5 dari http://bit.ly/2dcnNHA, lalu ekstrak
  2. Download MTK Driver dari situs http://bit.ly/1Ir9TdN, ekstrak lalu install.
  3. Download Firmware Xiaomi Redmi Note 3G dari http://bit.ly/2fRmal3, lalu ekstrak.
  4. Jika Anda ingin Global ROM Xiaomi Redmi Note 3G versi terbaru saat ini bisa download dari situs http://bit.ly/2fgFZEj

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 3G

Untuk flash Xiaomi Redmi Note 3G, cara atau metodenya sama persis dengan cara flash Xiaomi Redmi Note 2 via SP Flash Tool. Untuk mempermudah, Anda bisa lihat video tutorialnya berikut ini;

Catatan: Untuk cara menghilangkan Mi Cloud Xiaomi seri yang lain, tinggal kembangkan saja dengan step-step yang sudah saya jelaskan di atas.

Comments on this entry are closed.