Cara Rename File ZIP ke FTF Firmware Sony Xperia

by aries on September 6, 2015

Kemarin, ada teman yang kontak saya via BBM menanyakan masalah sinyal data internet yang tidak muncul pada Sony Xperia Miro miliknya. Padahal, jelas pengaturan data internet telah diaktifkan, katanya dia begitu. Sebelum saya menjawab pertanyaannya, saya terlebih dahulu bertanya kepadanya sehingga terjadi diskusi demikian;

Saya: Coba cek IMEI-nya, apakah valid?
Dia: Valid kok, buat sms dan telp tetap lancar. Ini kira-kira kerusakan dari sisi hardware atau software?
Saya: Software. sudah di hard reset?
Dia: Sudah, hasilnya sama saja.
Saya: Di flashing aja!
Dia: Saya nggak punya filenya (firmware Xperia Miro)
Saya: Bawa sini aja!
Dia: Ok, tar sore.

Tanpa pikir panjang saya langsung download firmware Xperia Miro dengan menggunakan IDM. Setelah, selesai download saya bingung kenapa firmware Xperia Miro yang seharusnya berekstensi FTF tiba-tiba berubah menjadi ZIP. Dengan demikian, saat file tersebut saya masukkan di folder firmware flashtool, menjadi tidak terbaca saat akan saya gunakan flashing Xperia Miro.

Kalau download lagi, jelas kelamaan dan tentunya ini menjadi pertimbangan tersendiri buat kamu yang menggunakan paket internet kuota. Kemudian, saya coba rename dengan menambahkan “.FTF” tanpa tanda kutip ya, tetap saja tidak berhasil (type ekstensinya tetap ZIP).

Saya jadi teringat istilah convert, artinya merubah ekstensi suatu file. Misalnya dari file video MP4 dirubah menjadi file MP3. Mestinya, ada sebuah tool yang bisa digunakan untuk merubah atau merename file ZIP menjadi FTF, pikir saya begitu.

Cara Convert File ZIP to FTF Firmware Sony Xperia

Setelah saya mencari kesana kemari, akhirnya ketemu juga sebuah tool untuk merubah file ZIP ke FTF. Dia adalah, Total Commander. Mau tahu cara merubahnya? Simak tutorial berikut ini;

  1. Download dulu Total Commander dari situs resminya di http://bit.ly/1canFjU
  2. Install, lalu buka aplikasinya. cari firmware yang akan di rename menjadi FTF
  3. Setelah ketemu, klik firmware tersebut lalu pilih Rename multiple files. [Lihat gambar di atas!]
  4. Seteleh muncul jendala baru, kasih nama sesuai keinginan Anda pada form “Rename mask: file name”. Sedangkan pada form “Extention” ketik FTF. Setelah itu klik Start lalu pilih Close

Untuk mempermudah tentang cara rename atau merubah file ZIP ke FTF, berikut ini kami sertakan pandaun tutorial videonya.

Dengan demikian firmware Sony Xperia Miro yang berekstensi ZIP berhasil di rename menjadi FTF. Secara otomatis, bisa digunakan untuk flashing smartphone tersebut.

Comments on this entry are closed.