Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Mi4c

by aries on December 14, 2016

Ponsel Xiaomi Mi4c merupakan salah satu produk Xioami yang mangsa pasarnya untuk Negara Cina, jadi wajar jika ROM dari Xiaomi Mi4c hanya berupa ROM Cina, tidak ada ROM Globalnya.

Jika Anda memiliki Xiaomi Mi4c, tentu saja harus puas dengan ROM cina tersebut yang tidak ada playstore sekaligus bahasa Indonesianya. Apakah Anda masih mau menuggu Global ROM untuk Xiaomi Mi4c yang belum ada kejelasan apakah akan ada atau tidak…?

Nah, daripada menunggu hal yang nggak pasti mendingan kita gunakan custom rom versi global. Untuk melakukan custom ROM ada beberapa syarat yang mesti dilakukan.

  1. Xiaomi Mi4c harus sudah unlock bootloader, jika belum Anda bisa baca artikel cara unlock bootloader dalam 5 menit lengkap dengan panduan berupa tutorial videonya.
  2. Root dan install TWRP untuk Xiaomi Mi4c. Nah, ini yang akan kami jelaskan di sini.

Untuk Root dan Install TWRP di Xiaomi Mi4c, bahan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut;

  1. Download adb fastboot dan TWRP untuk Xiaomi Mi4c dari situs http://bit.ly/2hwvHQ5. Anda tinggal ekstrak saja, di dalam folder adb sudah saya sertakan file TWRP atau file cwm recovery-nya.
  2. Download supersu.zip dari http://bit.ly/2hF2qWg, lalu copy-kan ke memory internal dari HP Xiaomi Mi4c.
  3. Masuk ke fastboot mode. Caranya; Xiaomi Mi4c dalam keadaan off tekan dan tahan kedua tombol (tombol power dan volume bawah) setelah berhasil masuk ke fastboot mode, konek Xiaomi Mi4c ke PC dengan kabel USB.
  4. Setelah itu buka folder adb lalu klik kanan sambil tekan dan tahan tombol shift – lalu klik Open command windows here.
  5. Setelah itu, ketikkan perintah berikut ini;

Fastboot devices [lalu tekan enter]
Fastboot flash recovery recovery.img [lalu tekan enter]
Fastboot boot recovery.img [lalu tekan enter]

  1. Setelah melakukan perintah yang ketiga ini, secara otomatis Xiaomi Mi4c akan restart dan langsung masuk ke mode TWRP.
  2. Untuk melakukan Root Xiaomi Mi4c, kita tinggal install supersu.zip yang sudah kita copykan tadi ke memori internal dengan menggunakan TWRP.

Untuk mempermudah tentang Cara Root dan Install TWRP di Xiaomi Mi4c, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Untuk melakukan custom rom atau install global rom Xiaomi Mi4c, akan kami jelaskan pada tutorial berikutnya. Jadi, tetap stay terus di alltutorial.net

{ 9 comments… read them below or add one }

mada April 14, 2017 at 8:28 am

gan, kok pas ane mulai buat fastboot boot recovery.img malah ada tulisan “FAILED (remote: dtb not found), terus ga ke restart ke TWRP ya? itu kenapa? padahal saya udah unlock langsung dari miui nya 🙁

aries April 14, 2017 at 8:09 pm

Restrat PC, coba ulangi lagi. pastikan port usb pc, konektor cas dan abel USB normal semua

harun May 10, 2017 at 1:03 am

gan, kok pas ane mulai buat fastboot boot recovery.img malah ada tulisan “FAILED (remote: dtb not found), terus ga ke restart ke TWRP ya? itu kenapa? padahal saya udah unlock langsung dari miui nya ,,,ini udah saya ulangi berkali2 tapi gak bisa gan

Yaniar Asmara May 10, 2017 at 7:48 pm

Posisi fastboot kah HP-nya saay mau install TWRP.?

Aldy May 24, 2017 at 8:41 am

Gan, untuk install TWRP ini bisa untuk HP redmi 3 pro ga? soalnya mau ganti ROM distributor yg abal2.
ini udah ane coba di MI4C ane berhasil sih.

Yaniar Asmara May 24, 2017 at 8:47 pm

Beda, ada sediri-sendiri file twrp-nya

okky June 6, 2017 at 8:00 am

mantab terimakasih banyak

Khairul June 20, 2017 at 5:45 am

mas ini kok pas twrp kok ga bisa di pencet ya buttonnya

Yaniar Asmara June 20, 2017 at 10:14 pm

Leave a Comment