Cara Root dan Install TWRP Redmi Note Prime

by aries on June 11, 2017

Saya termasuk salah satu yang nggak suka dengan HP Android yang di root, alasannya simple nggak sreg aja. Hehe. Namun, terkadang mau nggak mau juga mesti melakukan root sebagai contoh adalah ketika akan melakukan write IMEI atau fix baseband unknown (versi pita basis tidak diketahui).

Sebagai contoh, beberapa hari yang lalu masuk servisan Redmi Note Prime atau juga disebut dengan istilah Xiaomi Note 1 LTE Dual SIM (2014916). Sebenarnya saya sudah mencoba melakukan root dengan menggunkan cara yang simple, yakni memakai kingo root, iroot dan tool root lainnya. Tapi nggak tahu kenapa selalu gagal. Padahal versi Android dari Redmi Note Prime ini hanya KitKat lho. Untuk itu, saya akan melakukan root dengan cara lain. Berikut langkah-langkahnya.

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Download adb fastboot dari http://bit.ly/2sbQJLc lalu ekstrak di drive C (misalnya)
  2. Download TWRP dari http://bit.ly/2rPueLv lalu ekstrak di folder adb fastboot yang barusan
  3. Download update supersu berupa file zip dari http://bit.ly/29TZlgM, lalu copy ke internal memory dari redmi note prime.

Cara root Redmi Note Prime

Karena untuk melakukan root Redmi Note Prime ini via TWRP secara otomatisa langkah yang kita tempuh adalah install twrp dulu;

  1. Matikan redmi note 4 prime dengan menekan tombol power.
  2. Masuk ke fastboot mode. Caranya; HP dalam keadaan mati tekan kedua tombol (power dan volume bawah). Setelah muncul tulisan fastboot, konek HP ke PC dengan kabel USB.
  3. Klik kanan pada folder adb fastboot (sambil tekan dan tahan tombol shift) lalu pilih Open command windows here.
  4. Setelah itu ketik fastboot device lalu enter
  5. Langkah berikutnya; ketik fastboot flash recovery twrp.img lalu enter
  6. Setelah selesai proses flash twrp, ketik fastboot reboot
  7. Setelah melakukan langkah no. 6, redmi note 4 prime akan restart. Sebelum masuk ke menu home screen bisa langsung tekan dan tahan kedua tombol (power dan volume atas) untuk masuk ke TWRP.
  8. Setelah berhasil ke TWRP, pilih install – lalu pilih file update supersu yang sudah kita copykan ke memory internal tadi. Geser ke kanan untuk konfirmasi intalasi file.
  9. Setelah selesai, pilih Wipe cache/dalvik – usap ke kanan untuk konfirmasi. Kemudian pilih back lalu reboot system.

Untuk mempermudah tentang Cara Root dan install TWRP Redmi Note Prime, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatatan:

Sebelumnya sudah kami lakukan root dengan kingoroot, baik via pc atau via file apk dan selalau gagal. Untuk itu, cara diatas kami tempuh dan sukses.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment