Cara share file PDF, DOC, APK, dan ZIP di WhatsApp

by Ummy Tsabit on April 17, 2016

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi instant messaging terbaik yang paling populer di kalangan para pengguna Android. Aplikasi ini menjadi sangat digilai karena memiliki banyak fitur menakjubkan seperti chatting, menelepon (call), status, profil, dan masih banyak lagi.

Di dalam WhatsApp kita juga bisa berbagi pesan teks, audio, melakukan panggilan suara, berkirim video, gambar, dan yang lainnya ke sesama teman, membuat sebuah grup chat, dan masih banyak fitur menarik yang lain. Namun, berhubung dari sekian banyaknya jenis file yang ada, kita tidak bisa berbagi (share) beberapa jenis file tertentu seperti PDF, doc, rar, Zip, ataupun file Apk di WhatsApp. Jadi, jika kamu ingin berbagi file data dengan format seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, maka simak artikel bagaimana cara Share file PDF, Zip, doc, dan Apk di Whats App berikut ini :

Langkah  1

Kamu terlebih dulu harus mendownload aplikasi Dropbox di perangkat Androidmu. Kamu juga membutuhkan akun Dropbox jika sudah punya, atau jika belum, maka kamu bisa membuat akun dropbox baru untuk bisa login.

Langkah 2

Selanjutnya, download dan install aplikasi CloudSend ke perangkat Androidmu dengan cara mencarinya di Google Play Store. Setelah sudah diinstal, jalankan aplikasinya. Maka aplikasi akan meminta otorisasi ke akun dropbox milikmu, sehingga kamu harus memberikan semua izin ke aplikasi ini.

aplikasi cloudsend

Langkah 3

Setelah kamu memberikan izin ke bagian folder dropbox, maka sebuah folder bernama Cloudsend akan secara otomatis dibuat. Sekarang, kamu bisa menutup aplikasi Cloudsend setelah menyelesaikan proses otorisasi.

Langkah 4

Jika kamu ingin mengirim suatu jenis file tertentu, maka melalui file manager tekan agak lama file yang ingin kamu kirim, dan klik tombol Share. Dan kini, kamu akan melihat menu popup.

Langkah 5

Dari menu popup yang  muncul, tekan opsi Cloudsend. Tunggu hingga file yang telah kamu pilih untuk dibagikan sudah di upload di folder Cloudsend di aplikasi Dropbox. Durasi peng-uploadan bisa berbeda-beda tergantung dengan ukuran file yang ingin kamu kirim.

Langkah 6

Aplikasi Cloudsend tidak mengizinkan adanya pembatasan ukuran file (jadi ukurannya harus sama dengan ukuran file yang original) dan akan menyediakan dua opsi setelah selesai meng-upload file, yakni opsi Copy dan Share. Kamu bisa membagikan file tersebut (share) atau mencopy link dari file apapun.

Langkah 7

Sekarang, pilih opsi tombol ‘Share’. Dengan memilih opsi ini, maka kamu akan mampu untuk membagikan filemu di platform yang berbeda seperti Gmail, Whatsapp, WeChat, dan lain-lain.

Langkah 8

Lalu, pilih opsi WhatsApp untuk membagikan file ke WhatsApp. Setelah memilih opsi ini, maka kamu akan ditanya untuk kontak mana yang ingin kamu bagikan filenya. Share link filenya ke sesama temanmu.

Comments on this entry are closed.