Cara sign out (logout) BBM Android

by aries on August 14, 2015

Jika kamu mempunyai dua akun BBM atau dua BlackBerry ID yang berbeda tentu harus sign out dulu jika ingin menggunakan BlackBerry ID yang satunya lagi. Tentu hal ini sangat merepotkan, karena sebenarnya kita bisa memiliki dual BBM dalam 1 HP Android seperti yang sudah saya paparkan pada artikel kemarin. Sehingga cara ini akan lebih sederhana dan efisien. Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot harus Sign Out jika ingin beralih masuk ke BB ID yang berbeda.

Yang perlu digaris bawahi dan menjadi bahan pertimbangan dalam hal ini adalah, system operasi Android punya batas kemampuan, sebagaimana sistem operasi pada umumnya. Jadi jika kamu menginstall 2 BBM dalam satu HP Android tentu hal tersebut akan membebani kinerja Android itu sendiri. Terlebih jika Android yang digunakan hanya memilki RAM 512 MB atau bahkan kurang dari itu. Jika dipaksakan HP Android akan hang, bahkan bisa menjadi bootloop. Mungkin pada permulaan install 2 BBM tidak terjadi masalah apapun. Tapi ingat, setiap aplikasi Android yang kita gunakan termasuk aplikasi BBM, tentu akan menyimpan cache dan data sehingga aplikasi yang pada awalnya hanya berukuran 20MB misalnya, bisa membengkak menjadi 30MB bahkan lebih. Nah kalau sudah begini Android menjadi lemot dan akhirnya akan hang. Jadi, metode Sign Out ini akan sangat berguna bagi para pemilik HP Android entry level (kelas bawah) yang tetap ingin memiliki dua pin BBM atau lebih.

Dengan demikian, sign out dari BBM saat mau menggunakan BBM yang kedua adalah solusi terbaik jika kamu tidak mau membeli satu HP Android lagi dan tetap bersikeras menggunakan 2 PIN BBM. 🙂 Untuk sign out atau keluar dari BBM ada dua cara, berikut penjelasannya;

1. Uninstall aplikasi BBM

Untuk uninstall aplikasi BBM, ketuk menu Setting (pengaturan) kemudian pilih Apps (pada beberapa ponsel kadang disebut dengan Manager Apps). Dari daftar aplikasi yang ada pilih BBM lalu ketuk Uninstall. Setelah proses selesai, install lagi aplikasi BBM yang bisa kamu dapatkan di Play Store atau kamu bisa download file apk-nya. Setelah selesai install, buka aplikasi tersebut, secara otomatis kamu sudah dalam keadaan sign out dari akun BBM sebelumnya.

2. Clear data & cache

Sign out dari BBM dengan metode ini lebih simpel daripada metode yang pertama. Pilih aplikasi BBM dari daftar aplikasi seperti cara di atas. Hanya saja, setelah itu kita pilih Clear cache dan Clear data. Setelah itu, pilih tombol Back dan buka aplikasi BBM seperti biasa, maka secara otomatis kamu sudah berhasil sign out. Gimana mudah kan untuk melakukan sign out dari BBM? tak sesulit yang kita bayangkan 😀

Cara sign out (logout) BBM Android

Dari kedua cara di atas, semua data chat atau history chat akan hilang. Tapi kalau kontak BBM tidak hilang karena sudah terbackup secara otomatis oleh RIM BlackBerry dengan catatan kamu tidak lupa BlackBerry ID berikut passwordnya.

Comments on this entry are closed.