Cara Test Point Redmi 3S atau Redmi 3X

by aries on June 6, 2017

Test Point memang identik dengan HP Xiaomi yang brick, tapi bukan berarti test point ini dilakukan ketika HP brick lho. Contoh kasus seperti ini; kemarin kita dapat servisan Xiaomi Redmi 3S yang minta diflash ulang. HP nyala normal, hanya saja terasa berat. Ketika kita ambil cara simpel, yakni dengan melakukan factory reset ternyata tidak bisa. Jadi solusinya ya kita lakukan flashing.

Flash via fastboot mode kita coba ternyata gagal karena Redmi 3S ini masih locked bootloader. Makanya kita flash redmi 3S dengan kabel DFC. Namun, saya pakai kabel DFC tidak work (bukan berarti kabel rusak lho, kabel DFC kita tested banget). Sebelumnya juga sudah saya coba masuk ke download mode secara manual yakni dengan cara Redmi 3S dalam keadaan off, tekan dan tahan kedua tombol (power dan vol atas), lalu ketuk download namun gagal karena Redmi 3S langsung restart.

Melihat kronologinya seperti itu, berarti kita mesti lakukan test poin kalau mau melakukan flashing. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Buka casing bagian belakng dengan hati-hati. Jangan sampai kabel flexible fingerprint sobek. Jika ragu, bisa cari tutorial disassembly Redmi 3S di Youtube.
  2. Download dan install dulu driver qualcommnya http://bit.ly/2kWZTFy
  3. Setelah itu, lihat pada bagian bawah kabel flexible LCD. Disana ada dua titik kuning. Nah hubungkan keduanya dengan cara disolder (berarti harus di buang lagi soldernya setelah selesai flash).
  4. Cara yang lebih simple adalah menghubungkan kedua titik tersebut dengan pinset, setelah terhubung konek HP ke PC dengan kabel USB. Secara otomatis akan terdeteksi device baru 9008.
  5. Jika masih ada tanda seru di device manager, lakukan instalasi driver secara manual. Caranya, klik kanan pada HS USB QD-Loader 9008, lalu update driver – Browse my computer for driver software. Kemudian klik let me – klik HS USB QD-Loader – Next – Have Disk – browse dan arahkan pada driver qualcomm – masukkan file qcser – open – oke – next sampai driver terinstall secara sempurna.
  6. Langkah selanjutnya kita tinggal flashing dengan firmware Redmi 3S, atau dengan Firmware micloud Redmi 3S untuk yang terkunci dengan akun mi cloud.

Untuk mempermudah tentang cara Test Point Redmi 3S atau Redmi 3X, berikut ini kami sertakan pandaun berupa tutorial videonya.

Catatan:

Cara ini bisa diterapkan untuk Redmi 3S brick terdeteksi 900E di device manager dan tidak work jika menggunakan kabel DFC.

{ 1 comment… read it below or add one }

riko August 9, 2017 at 5:51 pm

MANTAB

Leave a Comment