Cara Unlock Bootloader dan Install TWRP Redmi Note 3 Pro

by aries on February 14, 2017

Mungkin sebagian dari agan-agan sudah ada yang tahu maksud atau tujuan utama dari pembuatan artikel tentang cara unlock bootloader dan Install TWRP Redmi Note 3 Pro ini. Ya apalagi kalau bukan terkait dengan masalah fix 4G Redmi Note 3 Pro itu sendiri.

Redmi Note 3 Pro merupakan salah satu produk Xiaomi yang masih terdapat beberapa bug, salah satunya terkait masalah sinyal 4G LTE yang akan hilang setelah upgrade atau flash dengan MIUI 8. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu syaratnya adalah Redmi Note 3 Pro sudah unlock bootloader dan install TWRP. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara unlock bootloader dan Install TWRP Redmi Note 3 Pro. Berikut langkah-langkahnya;

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. PC dengan system operasi Windows 64 bit
  2. MiFlash 2015 download dari http://bit.ly/2cY0yqd, atau MiFlash 2016 download dari http://bit.ly/2kTkjix. Jangan lupa install ya..!
  3. Driver Qualcomm HS- USB QDLoader 9008 download dari http://bit.ly/2kWZTFy, lalu install
  4. File unlock bootloader Redmi Note 3 Pro download dari http://bit.ly/2kP6WSr, lalu ekstrak
  5. File EDL download dari http://bit.ly/2kgZvoa, lalu ekstrak
  6. File TWRP (Alka Recovery) download dari http://bit.ly/2lLMD6R, lalu ekstrak. Atau juga bisa gunakan TWRP Team Win Recovery Project by XM download dari http://bit.ly/2l4fjb3, lalu ekstrak

Cara UBL plus Install TWRP Redmi Note 3 Pro

  1. Masuk fastboot mode, lalu konek HP ke PC dengan kabel USB.
  2. Klik dua kali pada file Reboot (yang ada di folder EDL) kemudian tekan tombol apa saja yang ada di keyboard. Secara otomatis Redmi Note 3 Pro akan Blank dan masuk ke mode 9008.
  3. Buka MiFlash – klik Browse lalu masukkan folder atau patch dari file UBL Redmi Note 3 Pro.
  4. Klik Refresh – centang Flash all – lalu klik Flash. Tunggu proses flash selesai (cuman sebentar, kira-kira 5 detik)
  5. Setelah itu, Redmi Note 3 Pro jangan langsung dinyalakan tapi cabut kabel USB dan masuk fastboot mode lagi. Kemudian konek lagi ke PC ya.
  6. Buka folder TWRP Team Win Recovery lalu klik dua kali pada file Flash – tekan tombola pa saja yang ada di keyboard – setelah selesai, tekan lagi tombol apapun yang ada di keyboard.
  7. Setelah itu secara otomatis Redmi Note 3 akan masuk ke TWRP dan langkah selanjutnya tinggal melakukan Fix 4G LTE-nya.

Untuk mempermudah tentang Unlock Bootloader dan Install TWRP Redmi Note 3 Pro, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan:

Jika setelah selesai install TWRP, muncul diminta untuk memasukkan password (ENTER PASSWORD) ataupun memory internal Redmi Note 3 Pro tidak terbaca untuk mengatasinya silahkan baca pada artikel Masalah Password dan Internal Memory Tidak Terbaca di TWRP Redmi Note 3 Pro.

{ 3 comments… read them below or add one }

Cipto Prasetio March 6, 2017 at 4:55 pm

Terima kasih….
Sangat bermanfaat…

teguh shah April 18, 2017 at 2:05 am

saya gagal terus, gagalnya ketika mau di flash, tapi gak masuk ke twrpnya malah diam difastboot, tolong pencerahan om ??

Yaniar Asmara April 18, 2017 at 10:50 pm

Sebelum melakukan install TWRP, coba restart dulu PC-nya ya

Leave a Comment