Cara upload video ke Youtube dengan videopad

by aries on May 14, 2014

Salah satu dari kumpulan tutorial videopad yang kurang mendapatkan perhatian adalah cara upload video ke Youtube dengan videopad. Mungkin karena videopad ini memang identik dengan editing video, jadi pikiran kita tidak sempat sampai ke masalah upload video. Padahal sebenarnya, setelah kamu selesai melakukan editing video dengan videopad, kamu bisa langsung upload video tersebut ke situs Youtube tanpa harus login ke akun Youtube dengan browser kamu. Jadi, cara ini lebih cepat dan menghemat waktu tentunya.

Sebelum upload video, pastikan kamu sudah memiliki akun Youtube yang dibuat dengan menggunakan email dari Gmail.

Cara upload video ke Youtube dengan videopad

Selain untuk upload video ke youtube, videopad ini juga bisa upload video ke Facebook dan Flickr. Namun, yang akan saya bahas dulu adalah upload ke situs Youtube, berikut langkah-langkahnya;

  1. pastikan komputer kamu sudah terhubung ke internet
  2. saya menggunakan videopad versi jadul (4.2), jadi sebaiknya kamu juga menggunakan versi tersebut untuk memudahkan pemahaman pada tutorial ini.
  3. setelah selesai melakukan editing video, silakan klik Save Movie. Lihat gambar di atas.
  4. pada  kotak dialog Video output setup, pilih Upload lalu klik tab Youtube
  5. Checklist pada ‘Delete temporary file after successful upload’ jika kamu tidak menginginkan video tersebut tersimpan di komputer kamu. Tidak di checklist berarti video tersebut selain tersimpan  dalam akun youtube kamu (dengan cara uplaod tadi) juga tersimpan dalam komputer. [lihat ket. gambar di atas]
  6. pada form Youtube Username, masukkan user gmail kamu tanpa ‘@gmail.com’. karena yang dimaksud youtube username tidak lain adalah username gmail yang sudah digunakan untuk sing up ke akun Youtube. Pada form bawahnya, masukkan password. Kemudian memberikan judul video pada form Video Title. Masukkan diskripsi singkat tentang video pada from Video Description. Sesuaikan video yang kamu upload pada kategori yang tersedia. Kemudian masukkan keyword atau kata kunci untuk video tesebut. Setelah itu, klik Ok dan tunggu prosesnya.
  7. setelah proses convert video selesai, secara otomatis akan langsung di upload ke Youtube dan akan sukses jika terdapat pesan seperti pada gambar di bawah ini.
  8. untuk membuktikannya, kamu bisa login ke akun Youtube dengan browser kamu, lalu klik pada tab video, maka di sana akan ada video yang baru saja kamu upload dengan videopad.
  9. sebagai perbandingan tutorial ini, kamu bisa baca cara upload video ke Youtube melalui browser.

Untuk mempermudah tentang cara upload video ke Youtube dengan videopad, berikut ini saya sertakan panduan berupa video;

Suka dengan video tutorial ini, download saja, GRATIS kok. Jika masih bingung cara downloadnya, silakan baca pada artikel Cara download video di Youtube.

Comments on this entry are closed.