Ciri Akun Facebook Palsu

by Siti Eka Kurniati on April 19, 2016

Apakah kamu pengguna facebook? Berapa jumlah pertemanan kamu dalam salah satu media social terbesar sejagat itu?? Apakah sudah mencapai ribuan dan mendekati ambang batas pertemanan? Facebook membatasi jumlah maksimum pertemanan fb hingga 5000 akun untuk tiap satu akun. Masalahnya, sekarang banyak akun palsu yang bertebaran dan sebagian orang tidak terlalu memperhatikan siapa saja yang mereka kirimi permintaan pertemanan atau melakukan konfirmasi pada akun yang tidak benar-benar dikenali hingga mencapai batas kuota 5000 pertemanan.

ciri profil fb palsu

Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu lebih cermat dan teliti melakukan konfirmasi pertemanan maupun menambah pertemanan akun facebook. Lalu bagaimana cara mengenali akun facebook palsu agar kita tidak terkena jebakan batman? Kenali ciri akun fb palsu berikut ini.

Nama Profil

Berhati-hatilah dengan nama profil yang terdengar asing atau aneh. Jangan konfirmasi jika nama panggilan yang digunakan tidak kamu kenal. Jangan sembarangan menerima permintaan pertemanan facebook dengan nama yang memprovokasi dan mengandung sara.

Foto Profil

Beberapa orang atau mungkin juga termasuk kamu memilih untuk menggunakan atau memasang foto profil bukan foto asli kita tetapi bisa idola atau foto pemandangan dan yang lainnya. Akun palsu biasanya juga menggunakan foto orang lain atau obyek untuk foto profil mereka, perhatikan foto serta nama profil mereka apakah cocok dan apakah kamu mengenalinya. Jangan tergoda hanya karena foto profil yang dipajang adalah seorang wanita cantik atau seksi dan juga hal-hal yang yang berbau porno. Selain itu, kamu juga patut curiga apabila foto profil yang ditampilka tampak sempurna. Cara yang paling mudah mengetahui bahwa foto profil yang dipasang itu asli atau tidak, kamu bisa menggunakan google image. Drag foto profil ke kotak pencarian google image atau google gambar.

Jarang update status

Jarang yang dimaksud disini memang benar-benar tidak pernah memposting status kegiatan apapun dari mulai awal pembuatan facebook. Akun asli milik seseorang walaupun jarang update status tetapi pastilah mereka membuat sebuah status tentang diri mereka entah itu kegiatan atau yang lainnya. Akun fb palsu cenderung aktif dan sangat jarang memperbarui status.

Foto dan Album

Saat melakukan konfirmasi pertemanan, ada baiknya kamu memeriksa foto akun fb tersebut apakah memiliki foto-foto kegiatan ataupun foto yang diunggah dalam sebuah album. Akun facebook palsu biasanya hanya memiliki sedikit foto yang diupload bahkan ada yang hanya memiliki foto profil saja. Kalaupun akun palsu memiliki koleksi foto, kesemua foto tersebut hanya menampilkan foto dirinya sendiri, tidak bersama teman atau keluarga.

Jumlah Teman

Rata-rata pengguna facebook asli pasti memiliki teman melebihi 200 orang atau juga lebih. Kamu patut waspada jika ada akun fb yang memiliki teman hanya beberapa orang saja. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan apakah daftar teman akun yang mengirimi kamu permintaan pertemanan memiliki teman yang sama denganmu atau tidak. Jika tidak ada satu saja teman yang sama dengan daftar temanmu, kamu patut mencurigai akun tersebut.

Link, FP, Group

Daripada memperbarui status, akun fb palsu biasanya lebih sering membagikan link dari web berita atau yang lainnya. Selain itu juga kamu akan diundang untuk menyukai sebuah halaman dan juga kamu akan dimasukkan ke dalam sebuah group tertentu.

Nah, di atas tadi adalah beberapa ciri akun fb palsu. Mungkin kalau hanya untuk sekedar promo tidak terlalu menjadi masalah, akan tetapi apabila disalahgunakan untuk kepentingan tidak baik seperti provokasi atau pencemaran nama baik tentu saja akan merugikan kamu. So, jangan asal mengirim dan menerima permintaan pertemanan ya.

Comments on this entry are closed.