Daftar 7 Pabrikan Smartphone Teratas Asal Tiongkok

by aries on March 2, 2015

Kini, popularitas smartphone asal Tiongkok semakin menanjak. Bahkan, beberapa vendor mampu menduduki peringkat teratas penjualan smartphone di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Paradigma bahwa smartphone China berkulitas rendah dan selalu dijadikan pilihan ke dua, kini tidak berlaku lagi. Produsen mulai mampu membuat smartphone berkualitas yang tak kalah baik dari brand global terkenal seperti Samsung, LG, Apple dan Sony. Disamping itu, para konsumen juga sudah mulai jeli dan teliti dalam memilih smartphone. Mereka lebih mengedepankan smartphone dengan harga murah namun tetap berkualitas, di mana itu yang menjadi andalan dari produk smartphone asal Tiongkok.

daftar pabrikan smartphone asal China

Berikut ini adalah daftar pabrikan teratas dari Tiongkok yang sudah memiliki nama dan cukup terkenal di pasar Indonesia:

  1. Xiaomi

Berdiri pada tahun : 2010
Markas : Beijing
Jumlah karyawan : 5.000

Ini dia salah satu vendor yang mampu mencuri perhatian pasar smartphone dengan raihan penjualan yang fenomenal. Meski masih seumur jagung, namun perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini mampu mengumpulkan keuntungan mencapai 12 miliar dolar pada tahun 2014. diantara produknya yang terkenal adalah, Xiaomi RedMi 1S, RedMi Note, Mi3, dan Mi4.

  1. Lenovo

Berdiri pada tahun : 1984
Markas : Beijing
Jumlah karyawan : 60.000

Lenovo merupakan vendor yang sudah mempunyai reputasi baik di negaranya selama puluhan tahun. Pada tahun 2014, Lenovo berhasil meraih keuntungan sebesar 38,7 miliar dolar. Sejauh ini, vendor ini sudah mengeluarkan 72 seri smartphone. Bahkan pada akhir tahun lalu, Lenovo juga mengambil alih produksi Motorola Mobility. Salah satu seri yang terkenal adalah Lenovo Vibe Z, dan yang terbaru Lenovo Vibe X 2.

  1. Oppo

Berdiri pada tahun : 2004
Markas : Dongguan
Jumlah karyawan : 5.000

Oppo terkenal lewat beberapa serinya yang tergolong kelas premium dengan teknologi mutakhir. Diantaranya dengan meluncurkan smartphone tertipis di dunia setebal 4,85 mm, Oppo R5. Oppo juga identik dengan smartphone dengan kamera berputar-nya (rotating camera) seperti yang ada pada Oppo Find7 dan Oppo N1.

  1. ZTE

Berdiri pada tahun : 2003
Markas : Shenzen
Jumlah karyawan : 70.000

ZTE mampu menjual 13 juta unit smartphone di tahun 2014. ZTE juga berencana untuk mensponsori tiga tim NBA dari Amerika Serikat. Seri yang telah dikeluarkan juga tergolong banyak, 130 seri. Diantaranya produknya yang terkenal adalah ZTE Blade dan ZTE Nubia.

  1. Huawei

Berdiri pada tahun :1987
Markas : Shenzen
Jumlah karyawan : 150.000

Huawei termasuk salah satu vendor yang berhasil menduduki posisi 10 besar penjualan smartphone di Negara asalnya. Tak heran jika vendor ini mampu mengumpulkan keuntungan sebesar 46 miliar pada tahun 2014. produk besutan Huawei yang terkenal diantaranya adalah Huawei Honor 3C dan Huawi Ascend.

  1. Meizu

Berdiri pada tahun : 2003
Markas : Zhuhai
Jumlah karyawan : 2.000

Meski masih belum terlalu lama bergelut di bisnis smartphone, namun Meizu telah berhasil membuat kejutan dengan meluncurkan seri kelas high-end dengan kamera beresolusi 20 MP, namun dijual hanya dengan harga 3 jutaan. Vendor ini juga mampu menjual smartphone sebanyak 600ribu unit per bulannya di tahun 2014 lalu. Ke depannya, Meizu juga berencana akan merilis smartphone dengan system operasi Ubuntu.

  1. TCL

Berdiri pada tahun : 1981
Markas : Huizhou
Jumlah karyawan : 50.000

TCL dikenal di pasar Indonesia lewat produk smartphone yang diberi nama Alcatel. Vendor ini mampu menjual lebih dari 15 juta unit smartphone di tahun 2014 lalu. Produk yang dikeluarkannya pun sudah mencapai 70 seri.

Comments on this entry are closed.