Daftar Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengehemat Baterai

by aries on July 6, 2015

Saat ini, ponsel pintar alias smartphone sudah bisa melakukan banyak sekali trik menarik. Namun, ada satu hal yang masih tidak bisa mereka lakukan : Menjauh dari colokan listrik untuk waktu yang lama. Yap! banyak pabrikan ponsel melakukan segala hal untuk bisa meminimalkan konsumsi daya dan meningkatkan kapasitas baterai, namun kenyataan pahitnya adalah, banyak sekali smartphone yang masih belum bisa bertahan melewati waktu sehari penuh saat digunakan secara intensif. Kabar baiknya adalah, kamu bisa melakukan sesuatu untuk menghemat konsumsi daya baterai, dengan cukup menginstal aplikasi penghemat daya (battery saving). Berikut ini adalah daftar aplikasi Android terbaik untuk menghemat daya yang akan membantumu dalam melewati harimu :

Battery Defender

Battery Defender adalah salah satu aplikasi penghemat daya paling populer yang pernah ada. Lalu, apa yang membuatnya begitu populer? Faktanya adalah, meski aplikasi ini hadir sebagai aplikasi gratis dengan in- app purchase, namun aplikasi ini masih dikemas dengan cukup banyak fitur di versi gratisannya. Battery Defender meningkatkan masa hidup baterai dengan cara memungkinkanmu untuk menutup aplikasi yang berjalan dilatar belakang (background) dengan mudah, serta dengan memberimu pilihan mudah untuk mematikan beberapa fungsi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan Paket Data. Yang membuat Battery Defender benar-benar hebat adalah, fakta bahwa aplikasi ini bekerja siap pakai (out of the box), sehingga kamu hanya tinggal menginstal, lalu nyalakan, dan biarkan aplikasi ini mengatasi sisanya.

Juice Defender

Juice Defender adalah aplikasi penghemat baterai yang lebih kompleks. Versi gratisnya hadir dengan beberapa profil yang ditentukan yang mungkin membuatmu enyah dengan cepat, namun jika kamu bersedia untuk meng-upgrade ke versi berbayar, kamu bisa menikmati beberapa fitur canggih seperti profil yang bisa disesuaikan/ dikustomisasi, dan pengaturan lokasi sadar. Tidak peduli apapun opsi yang kamu pilih, Juice Defender akan membuat perbedaan.

Go Battery Saver & Power Widget

Apakah kamu mencari perpaduan sempurna antara fitur canggih dan antarmuka yang intuitif? Jatuhkan pilihanmu pada Go Battery Saver & Power Widget. Berkat adanya Power Widget, kamu bisa mengubah profil aplikasi dan menentukan seberapa agresifkah mode penghematan baterainya, hanya dengan menggunakan sapuan satu jari. Selain itu, jika kamu ingin kendali yang lebih, aplikasi ini telah menyediakan algoritma yang bisa mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan paling banyak daya, sehingga memungkinkanmu untuk mengetahui aplikasi mana yang layak untuk dimatikan atau tidak.

DU Battery Saver

DU Battery Saver merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai yang paling banyak digunakan di Indonesia, karena rata-rata menjadi aplikasi bawaan dari ponsel atau tablet besutan vendor lokal. Tampaknya aplikasi ini juga lebih baik dibanding dengan kebanyakan pilihan aplikasi penghemat daya bawaan yang lain, dan memiliki fitur yang lebih banyak untuk dimanfaatkan dibandingkan dengan aplikasi penghemat daya standar. Ada berberapa mode cerdas dan pilihan pre-set yang bisa kamu atur untuk memastikan kamu bisa menggunakan baterai seminimal mungkin. DU Battery Saver bahkan memiliki beberapa widget sendiri untuk membuat segala sesuataunya menjadi lebih mudah diakses.

Itu tadi beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik untuk smartphone Android. Sudahkah kamu menggunakan salah satunya?

Comments on this entry are closed.