Daftar Aplikasi Instant Messaging Terbaik Untuk Android

by aries on July 8, 2015

Selama ini, yang kita ketahui tentang instant messaging hanyalah berkutat antara WhatsApp dan BBM saja. Padahal, ada seabrek instant messaging yang tersedia. Berikut akan diulas tentang aplikasi instant messaging terbaik untuk Android beserta daftar fitur yang ditawarkan, untuk memberimu panduan dalam memilih instant messenger yang mana yang cocok sesuai dengan selera dan kebutuhanmu:

aplikasi instan messenger terbaik

Facebook Messenger : Karena setiap orang pasti punya Facebook

Aplikasi instant messaging resmi dari Facebook ini, baru saja dirancang kembali guna menyajikan layanan dan antarmuka yang lebih cepat dan jernih. Ini hampir sama seperti WhatsApp, hanya saja Messenger akan dengan instan menghubungkan ke seluruh kontak Facebookmu, membuatnya menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling cocok jika tidak ada pilihan yang lain.

Sebagai salah satu aplikasi terbaru, kamu juga bisa berkirim pesan pada teman non-Facebook dengan menggunakan nomer ponsel mereka. Messenger juga akan memungkinkanmu untuk mengakses semua pesan Facebookmu tanpa harus menggunakan aplikasi utama atau website. Kamu juga bisa mendapat stiker dan emoji, grup chat, rekaman suara, data lokasi, panggilan gratis, berbagi foto, dan masih banyak yang lain.

Skype : Bagi Yang Ingin Melakukan Panggilan Video

Skype merupakan nenek moyang dari aplikasi instant messaging untuk melakukan video call, dan masih tetap kuat bertahan hingga saat ini. Skype, utamanya memang digunakan untuk video call, namun komponen instant messengernya juga berguna.

Sayangnya, Skype membutuhkan ID Skype, sehingga kamu hanya akan bisa menambah teman jika kamu mengetahui nama kontak Skype mereka. Namun begitu kamu melakukannya, dan pada dasarnya setiap orang yang menggunakan Skype juga, maka kamu bisa melakukan video chat kapanpun kamu mau, secara gratis. Kamu juga bisa menambahkan kredit Skype dan membuat panggilan internasional yang murah untuk sambungan telepon rumah dan ponsel. Pada bagian chat, menawarkan fitur grup chat, media sharing, emoji, dan lain-lain. Plus, kamu juga bisa memiliki satu akun pada beberapa perangkat sekaligus.

Hangouts : Karena Besutan Google

Google menyeting Hangouts sebagai aplikasi perpesanan standar di Android KitKat, sehingga membuatnya memiliki lebih banyak pengguna. Hangouts merupakan aplikasi gabungan dari SMS dan IM, namun juga masih bisa digunakan untuk panggilan suara atau video dari ponselmu.

Berhubung hangouts bisa mengatasi baik SMS atau IM, maka kamu bisa menghemat pemakaian jumlah aplikasi perpesanan yang perlu kamu gunakan (satu saja sudah mencukupi), dan bahkan kualitas video callnya lebih baik daripada Skype. Selain itu, Hangouts juga terintegrasi dengan Google +, seperti halnya Messenger yang terhubung dan berinteraksi dengan Facebook, yang berarti kontak yang telah ditambahkna via media social akan langsung bisa ditelpon/ di SMS di aplikasi yang terpisah.

BBM : Untuk Kepentingan

Setelah lama dinanti, layanan BBM akhirnya bisa dinikmati oleh pengguna Android pada tahun lalu. Meski BBM bukan asli layanan Android, namun aplikasi ini menawarkan beberapa fitur keren seperti, selalu on-service (kamu tidak perlu membuka aplikasi untuk menggunakannya), pesan yang bisa diberi jeda waktu dan ditarik kembali, 2 way-opt in (tak ada yang bisa mengirimu pesan sebelum kamu mengijinkannya), laporan pengiriman, grup chat, emoticon, pesan siaran, dan masih banyak yang lain. Kemampuan untuk memilih siapa saja yang boleh berkirim pesan denganmu, tanpa harus nomermu tersedia bagi siapa saja, membuat BBM menjasi opsi instan messenger yang menarik.

Line : Jika kamu ingin versi Skype Yang Lebih Muda dan Keren

Line, kini semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dengan tambahan fitur terbaru berupa video calling, Line kini memiliki fitur lengkap sebagaimana Skype, namun memiliki cita rasa yang lebih muda, keren, dan seksi. Aplikasi ini dikemas dengan banyak stiker, dan barang menarik lain, seperti grup chat, multi platform capabilities (bisa untuk ponsel, tablet, dan PC), time line, rekaman pesan suara, media sharing, dan masih banyak lagi. Line hampir seperti gabungan antara Twitter, Facebook, dan Skype yang dijadikan satu.

WhatsApp : karena setiap orang pasti punya

Whats App adalah salah satu aplikasi instan messaging yang paling populer dan favorit di Indonesia. Meski tidak memiliki konten kaya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi lain yang telah disebutkan dalam daftar ini, namun tak ada yang bisa mengalahkan WhatsApp dalam hal kesimpelan, kehandalan, dan banyaknya nomer kontak yang menggunakannya. Kemungkinan besar adalah, jika kamu mengetahui seseorang yang punya smartphone, pasti mereka juga punya aplikasi WhatsApp.

WhatsApp secara otomatis akan menggunakan nomer ponsel kontak yang sudah ada dalam daftar kontakmu, sehingga kamu tidak perlu menambahkan kontak secara manual. Kamu bisa mengirim pesan tulisan, stiker, emoji, dan media, begitu pula pesan siaran dan grup. Bahkan di versi update terbaru, kamu sudah bisa melakukan panggilan suara gratis ke kontakmu, sehingga kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lain.

Kik : Untuk bersenang-senang

Dalam deskripsi Play Store disebutkan bahwa : “185 juta orang menyukai Kik!” ini menandakan bahwa, Kik menawarkan sesuatu yang lebih daripada WhatsApp. Aplikasi ini lebih sedikit menyenangkan dibanding WhatsApp, dengan lebih banyak pilihan warna dan stiker. Kik juga memiliki browser bawaannya sendiri, untuk membuat sharing video dan media antar teman menjadi lebih sederhana. Ini salah satu aplikasi messenger yang terus berkembang dan mudah digunakan dengan semakin banyaknya pengguna dari seluruh dunia, yang tidak ada salahnya kamu coba.

Comments on this entry are closed.