Daftar Aplikasi Yang Harus Kamu Hapus Sekarang Juga

by aries on January 16, 2017

Sekarang ini, ada ratusan bahkan ribuan aplikasi yang beredar di Google Paly Store. Banyak dari mereka yang menawarkan janji untuk menghemat baterai, melegakan ruang penyimpanan, mengirit RAM, dan masih banyak yang lain. Padahal, smartphone seringkali cepat terkuras dayanya oleh berbagai aplikasi tidak penting yang tidak hanya mengambil banyak ruang penyimpanan, namun justru mempengaruhi kinerja ponsel, menguras paket data, dan memperpendek masa hidup baterai.

Nah, jika kamu juga mengalami hal yang sama, maka kini saatnya kamu untuk membersihkan smartphonemu guna menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang harus kamu hapus secepatnya, seperti yang akan kami ulas berikut ini :

Aplikasi yang mengklaim mampu menyimpan lebih banyak RAM (RAM Booster)

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di balik layar (background) akan memakan RAM ponselmu dan menggunakan banyak daya baterai, meskipun mereka dalam kondisi standby. Ide di balik aplikasi yang mengklaim untuk meningkatkan memorimu adalah untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang ini secara sistematis. Sayangnya, kenyataannya justru aplikasi ini malah memperburuk masalah.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang ini harus me-restart setelah kamu menutup mereka. Memori dan daya baterai yang digunakan untuk me-restart aplikasi, dan menutupnya secara konstan ini dapat membuat ponselmu tidak stabil. Jadi, aplikasi penyimpan memori ini tidaklah masuk akal. Lebih jauh lagi, Android kini juga berhasil memenej penggunaan RAM secara otomatis dan tahu kapan untuk menjalankan sebuah aplikasi atau tidak, sehingga aplikasi pihak ketiga tidak lagi diperlukan.

Clean Master atau aplikasi pembersih serupa lainnya

Aplikasi pembersih biasanya menjanjikan untuk membersihkan ponsel untuk meningkatkan kinerja. Meskipun benar bahwa aplikasi yang dihapus kadang-kadang meninggalkan beberapa data cache, namun tidak perlu untuk men-download cleaner khusus. Kamu cukup pergi ke Settings> Storage> dan tekan Cached Data (Data dalam cache). Pada saat notifikasi ‘Clear cached data’ muncul, tekan OK.

Atau, kamu dapat menghapus cache aplikasi secara individual dengan cara pergi ke Settings> Apps> download dan tekan pada sebuah aplikasi. Pada halaman berikutnya, tekan Clear Cache. Clean Master dan aplikasi yang serupa seringkali justru membutuhkan banyak daya baterai, dan iklan dalam aplikasi mereka memiliki potensi untuk mengambil sebagian kuota paket data bulananmu. Hapus aplikasi semacam itu demi kenyamananmu.

Aplikasi yang katanya ‘Antivirus’

Sebenarnya, perangkat Androidmu dan Play Store saja sudah bisa melakukan segala sesuatu yang bisa aplikasi antivirus lakukan. Untuk perlindungan dari pencurian, Android Device Manager sudah bisa bekerja dengan aman tanpa bantuan aplikasi tambahan. Dan apakah sebuah aplikasi benar-benar menyembunyikan malware, Google akan memeriksa dengan Play Store secara otomatis.

Aplikasi yang disebut-sebut sebagai antivirus Android, hanya berguna jika kamu sering men-download dan menginstal file APK yang ditemukan di luar Play Store. Kemudian, aplikasi anti-malware dapat memeriksa aplikasi ini selama instalasi dan menawarkan peringatan sebelum kamu membukanya. Namun, kamu tidak dapat mendisinfeksi smartphonemu. Ironisnya, metode terbaik untuk melakukan ini adalah tanpa bantuan aplikasi antivirus.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment