Dampak Buruk Terlalu Sering Install Ulang Komputer

by Siti Eka Kurniati on March 29, 2016

Apa yang kamu lakukan saat pc atau laptop kamu sering hang, lola atau loading lama saat menjalankan beberapa aplikasi? Menginstall ulang pc? Macetnya kinerja pc atau laptop bisa jadi dikarenakan serangan malware atau bisa juga karena aplikasi atau software yang dijalankan memang berat dan hardware komputer yang tidak mendukung.

resiko terlalu sering menginstall ulang laptop

Namun, kebiasaan menginstall ulang hanya karena masalah sepele bisa berdampak buruk. Mengapa bisa seperti itu? Dan apa saja dampak buruk terlalu sering menginstall ulang komputer atau laptop? Simak ulasannya di bawah ini.

Hardisk Rusak

Dampak buruk terlalu sering menginstall ulang komputer atau laptop yang pertama adalah mempercepat kerusakan hardisk. Kamu tentu bisa membayangkan bukan, hardisk akan diformat atau bahkan dipartisi ulang sehingga keseluruhan data akan dihapus lalu ditulisi kembali sebanyak 40GB atau lebih. Dan jika proses tersebut dilakukan secara terus menerus dan berulang, maka tentu hardisk mu akan bekerja dengan keras dan bisa mengalami bad sector. Apa itu bad sector? Bad sector adalah suatu tanda kerusakan pada fisik hardisk. jika hardisk sudah mengalami bad sector maka kecil kemungkinannya untuk bisa diperbaiki dan resiko terbesarnya tentu saja kamu harus ganti hardisk.

Merusak Hardware

Selain hardisk, dampak negatif terlalu sering menginstall ulang laptop juga akan merusak hardware lain seperti LCD atau layar laptop. Juga hardware yang lain karena saat sedang menginstall ulang, seluruh hardware akan bekerja lebih keras agar tidak terjadi kegagalan saat penginstallan berlangsung.

Memperpendek Umur Baterai

Jika kamu sering menginstall ulang laptop atau notebook maka bersiap-siaplah dengan penurunan kinerja baterai. Ini karena saat proses menginstall ulang, laptop membutuhkan daya yang besar untuk menghapus dan menulis kembali data system operasi. Biasanya, saat kita menginstall laptop, laptop dalam keadaaan terkoneksi charger karena install ulang membutuhkan waktu serta daya yang besar. Aliran listrik bisa jadi tidak stabil dan mempercepat umur baterai. Dan juga kalibrasi baterai tidak akan berjalan baik dan menurunkan keakuratan pengukur daya baterai.

Boros Waktu dan Uang

Apakah kamu sering menginstall ulang pc atau laptop sendiri atau dibawa ke tempat service? Jika kamu pergi ke tempat service, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk sekali menginstall ulang laptop atau pc? Mungkin berkisar antara 40 ribu sampai 70 ribu. Dan jika kamu menginstallnya dua bulan sekali atau bahkan dua bulan sekali tentu akan sangat boros. Apalagi waktu yang kamu gunakan untuk menginstall kembali aplikasi yang terhapus saat diinstal ulang.

Itu dia tadi beberapa efek negatif sering menginstall ulang komputer atau laptop. Jangan menjadikan install ulang sebagai solusi ketika komputer dirasa terlalu lambat kinerjanya atau sering hang. Banyak cara yang bisa dilakukan selain dengan menginstall ulang untuk mengatasi komputer hang.

Comments on this entry are closed.